Ghirah Kepedulian Raih Berkah Ramadhan

Publish

10 April 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
138
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Semarak Safari Ramadhan IMM FAI UAD

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sabtu, 31 Maret 2024. Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Agama Islam melakukan penerjunan volunteer dalam kegiatan Safari Ramadan 1445 H.

Setelah 20 hari kegiatan Safari Ramadan berjalan, Pimpinan Komisariat melakukan penarikan sejumlah 38 volunteer yang telah melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa mengisi kajian, menyiapkan buka puasa para jama’ah dan mengajar TPA di beberapa masjid yang telah di tentukan.

Berlokasi di Masjid Muhajirin kegiatan Safari Ramadan di akhiri dengan berpamitan para Pimpinan Komisariat dan Volunteer kepada para jama'ah, pengurus, dan takmir masjid, sedangkan di Masjid Pondok Permai Giwangan diakhiri dan MDTA Tarbiyathul Athfal Umbulharjo mengadakan perlombaan bagi santri-santri Taman Pendidikan Al-Qur'an.

“Alhamdulillah sangat bersyukur sekali bisa dibersamai dan dibantu oleh temen-teman IMM FAI UAD, beginilah adanya kegiatan di masjid, bagaimana memperlakukan jamaah, melayani jamaah dan merawat jamaah dengan harapan ini akan menjadi pengalaman dan ilmu baru buat temen-teman volunteer dan pengurus IMM yang nantinya bisa di amalkan ketika nanti sudah membaur dangan masyarakat,” ucap Rida selaku pengurus dan takmir Masjid Muhajirin.

Di samping itu IMM FAI UAD juga mengadakan perlombaan untuk menyemarakan Ramadhan yang bertempat di MDTA Tarbiyatul Atfal Umbulharjo Yogyakarta yang berkerja sama dengan PT Ukhuwah Berkah Semesta. “Pihak PT sangat mendukung kegiatan IMM ini, bukan hanya itu mereka juga memberi dukungan moril dan materiil untuk membantu kelancara program Semarak Ramadhan untuk anak-anak TPA” kata Rena dan Novi selaku penanggung jawab

Semarak Ramadhan kali ini mengangkat tema "Ghirah Kepedulian Raih Berkah Ramadhan". Lomba yang di adakan adalah mewarnai, ceramah, adzan dan juga hafalan surat pilihan. Tujuan nya menghadirkan kembali semangat adik adik di TPA untuk tetap optimis dalam belajar agama, ini adalah bentuk upaya IMM FAI UAD dalam mengabdikan diri kepada masyarakat untuk menanamkan nilai keagamaan kepada adik-adik TPA sejak usia dini.

Yang tak kalah penting adalah melalui kegiatan Safari Ramadan ini Pimpinan Komisariat dan Volunteer belajar bagaimana berinteraksi dengan masyarakat, mulai dari berhubungan dengan takmir masjid, mejalin hubungan dengan PT dan berinteraksi dengan adik adik TPA agar dalam pembelajaranya adik-adik tetap mengaji meskipun sambil bermain sehingga kegiatan TPA menjadi berkualitas tapi mengembirakan.

"Rasa syukur saya IMM FAI UAD mengadakan kegiatan ini sehingga kami bisa ikut menjadi Volunteer dalam kegiatan Safari Ramadan, kami bisa memanfaatkan waktu-waktu kami dibulan Ramadan dengan kegiatan yang positif banget," ungkap salah satu Volunteer safari Ramadan.

Apresiasi disampaikan kepada pengurus masjid, teman teman volunteer pihak PT UKhuwah Berkah Semesta, dan semua yang berkontribusi dalam kegiatan Safari Ramadhan sehingga IMM bisa belajar bersosial dengan masyarakat.

"Harapannya semoga kegiatan ini akan terus diadakan di bulan setiap Ramadan dengan membawa hal positif dan kreatif untuk masyarakat dengan memanfaatkan setiap potensi para kader,” kata Rizki Fadlillah selaku kabid bidang TKK IMM FAI UAD. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Memperingati miladnya, Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Satria ....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) merayakan momen bersejarah deng....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Melihat peluang kebutuhan mitra Sanggar Bimbingan (SB) Sungai Mulia 5, Ku....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan gelar kegiatan dialog Ideopolitor. ....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Menjadi salah satu sekolah Islam yang ada di Surabaya Utara ini,....

Suara Muhammadiyah

1 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah