Jalin Silaturahmi Melalui Temu Akbar JSM

Publish

26 November 2023
jsm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
327
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) DIY mengumpulkan saudagar Muhammadiyah untuk saling berkomunikasi dan menjalin silaturahmi antara yang satu dengan yang lain dipandu Coach Erwin dan Nur Aisyah Haifani Hilal, ST.

Di sela-sela kunjungi Muhammadiyah Jogja Expo #3 yang digelar di JEC Yogyakarta, para pelaku usaha tersebut menyempatkan mengikuti Temu Akbar JSM yang diinisiasi JSM DIY.

"Kedepannya akan terjalin hubungan mutualisme antara saudagar Muhammadiyah dari berbagai daerah,” terang Taufik Ridwan, Ketua JSM DIY, Sabtu (25/11/2023), di Grand Rohan Jogja, Jl. Raya Janti, Yogyakarta.

Taufik sangat senang berkumpulnya para saudagar Muhammadiyah dalam temu akbar kali ini. "Karena dari pertemuan ini muncul ide segar bisnis ke depan," kata Taufik.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua JSM Pusat dan Syauqi Soeratno, yang menyampaikan kajian untuk menggairahkan ekonomi warga persyarikatan Muhammadiyah.

Dari kegiatan ini bisa lebih mempererat dan membuat jejaring lebih kuat lagi serta bersinergi dalam kegiatan apapun. Kali ini hadir PT GRIBS dalam pengembangan sembako dengan harga terjangkau, PT Inti Cloud industri telekomunikasi Indonesia, Gramasurya yang kembangkan IT di lingkungan Muhammadiyah dan sebagainya.

Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) akan berkonsolidasi, berkolaborasi dan berjejaring dengan berbagai pihak dalam menciptakan iklim kewirausahaan di Indonesia. Selain juga pengembangan dan  pemberdayaan ekonomi nasional serta persyarikatan Muhammadiyah.

Besarnya potensi ekonomi yang dimiliki oleh Muhammadiyah dari hulu dan hilir akan mendorong kekuatan ekonomi Muhammadiyah. Untuk itu perlu menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam koordinasi dan membuat format yang jelas sehingga semua potensi ekonomi Muhammadiyah bisa terintegrasikan secara akuntabilitas.

Diharapkan strategi pemberdayaan pilar ekonomi bisa berjalan lancar dan mendapat dukungan dari semua kalangan serta memberikan arah kepastian yang jelas terhadap strategi Muhammadiyah dalam mengembangkan pilar ekonomi.

Bambang Wijonarko  mengatakan, melalui JSM inilah sebagai interaksi bagi para pengusaha atau saudagar Muhammadiyah bersama-sama dalam memikirkan dan mengaktualisasikan gerakan riil ekonomi untuk kepentingan umat.

Diakui Bambang, saudagar Muhammadiyah jumlahnya sangat banyak dan tersebar hingga tingkat Ranting Muhammadiyah. "Mereka selama ini banyak tidak terwadahi dalam struktur organisasi Muhammadiyah," terangnya.

Melalui wadah JSM ini, Muhammadiyah ingin memayungi mereka dalam sebuah gerakan ekonomi yang riil, yang mencerahkan dan memiliki kontribusi bagi peningkatan perekomian bangsa.

Dalam pertemuan JSM itu acaranya adalah murni business to business yang diikuti seluruh pengusaha Muhammadiyah dari wilayah DIY dan sekitarnya. 

Melalui JSM ini diharapkan gerakan ekonomi Muhammadiyah akan dibangkitkan dan sekaligus sebagai sumbangsihnya dalam kedaulatan ekonomi bangsa.

Bendahara Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (MEBP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Syauqi Soeratno, memaparkan kondisi ekonomi Muhammadiyah dan Indonesia terkini. Sebelumnya, menguraikan pencalonannya sebagai DPD RI Dapil DIY Utusan Muhammadiyah DIY.

Menurutnya, prinsip ekonomi dalam Muhammadiyah adalah ekonomi yang bermanfaat bagi umat. "Muhammadiyah itu berekonomi bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk kemaslahatan umat,” kata Syauqi.

Untuk membangun kemandirian bangsa, kata Syauqi, Muhammadiyah terlebih dahulu harus mandiri secara ekonomi. "Karena ketika segalanya masih bergantung, maka tidak memungkinkan untuk berkontribusi dalam kemandirian bangsa," paparnya.

Syauqi menyarankan untuk memperkuat kembali ekonomi Muhammadiyah, salah satunya dengan menguatkan JSM agar bisa merasakan manfaatnya dari Muhammadiyah.

Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah, Bambang Wijanarko, mengingatkan anggota JSM dan warga Muhammadiyah untuk berkolaborasi dan membangun ekonomi Muhammadiyah dari internal. "Berkolaborasi dengan Muhammadiyah tidak akan membuat rugi," kelakarnya.

Bagi Bambang, ceruk pasar di Muhammadiyah begitu besar. Mau cari apa saja, ada semua. "Siapa yang serius di Muhammadiyah, semuanya ada,” jelasnya.

Dengan berkolaborasi dengan Muhammadiyah akan membuat ekonomi Muhammadiyah semakin kuat. "Ini modal penting guna menghadapi pasar global," kata Bambang. 

Kepada seluruh pelaku usaha diingatkan untuk mulai membuka kolaborasi dengan berbagai pihak. Kunci kolaborasi adalah . keterbukaan, komunikasi, kesepahaman dan jaringan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Pengkajian Ramadan 1445 H....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nash....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebagaimana telah diketahui bahwa Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammad....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Kepala Sekolah penggerak SD Muhammadiyah 1 Solo Sri Sayekti, menyam....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Dr. Aslam Nur, MA, re....

Suara Muhammadiyah

18 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah