Kolaborasi LLHPB PWA Jabar dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam Pengelolaan Sampah

Publish

1 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
466
UMMI

UMMI

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Sabtu, 27 April 2024 telah dilaksanakan Webinar Series ke-7 LLHPB PWA Jabar yang berkolaborasi dengan tim RisetMu Pengabdian Masyarakat dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Mengusung tema tentang sampah, Membuat Mol Nasi dan Pupuk Organik Cair dari Sampah Organik. 

Amalia Nur Milla selaku tim dosen RisetMu menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi gerakan cinta lingkungan yang mendapat pendanaan RisetMu tahun 2024 dengan Ketua Tim Reni Mulyani bersama 3 orang mahasiswa yaitu Asri, Ragad dan Shifa. Kegiatan diselenggarakan secara luring di ruang pertemuan B4 Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi. 

Hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus membuka acara webinar, ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PWA Jabar Tuti Kusmiati. Ia menyampaikan bahwa pentingnya sampah dipilah dan dikelola dari rumah. Setelah dipilah dimanfaatkan sesuai kondisi yang ada. Sampah an organik bisa di jual atau disedekahka. Sampah organik bisa digunakan untuk kompos Pupuk organik cair dan  ecoenzyn.  

Sementara itu Sekretaris DLH Kota Sukabumi, Susiyana menyampaikan bahwa untuk permasalahan sampah perlu kolaborasi semua masyarakat dalam hal ini pihak akademisi, organisasi masyarakat seperti LLHPB PW Aisyiyah Jawa Barat. 

“DLH kota Sukabumi saat ini sudah mempunyai Bank sampah yang sudah dilengkapi dengan aplikasi sehingga nasabah Bank sampah dapat melihat jumlah tabungan hasil penjualan sampahnya dan mengajak peserta untuk memilah sampah dari rumah dan menjadi nasabah bank sampah,” ujarnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Andri Sumarna dari PDM Kota Sukabumi dengan peserta Perwakilan Ortom Muhammadiyah, LLHPB Aisyiyah Kota dan Kabupaten Sukabumi, IMM, TPS3R, PKK, Rumah Hijau, dan warga masyarakat kota Sukabumi. Secara daring diikuti oleh LLHPB  PD Aisyiyah se Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan dari luar Jawa. 

Materi  pertama tentang pemilahan sampah rumah tangga disampaikan oleh Reni Mulyani tim RisetMu yang merupakan Dosen Prodi Kimia. Sedangkan  materi kedua disampaikan oleh Amalia Nur Milla dari Prodi Agribisnis dengan materi Pembuatan Mol Nasi dan Pupuk Organik cair (POC) dari kulit buah atau sampah organik lainnya. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga mendapatkan  e-sertifikat dan dooprize bagi peserta yang aktif. Pada  akhir acara diumumkan pemenang lomba poster digital lingkungan hidup yang dimenangkan oleh Eka Alawiyah dari LLHPB PDA Aisyiyah Kota Sukabumi. 

Harapannya melalui kegiatan ini masyarakat dapat memilah, mengelola dan manfaatkan  sampah organik dari rumah untuk menghindari penumpukan sampah di TPSA. (diko)


Komentar

Yani

Keren pisan......

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANGKOK, Suara Muhammadiyah - Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) turut serta....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

KOTABUMI, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Prov....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Upaya menghidupkan dakwah di lingkungan Persyarikatan Muhamma....

Suara Muhammadiyah

21 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara Ngaji Bar....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pengajian selapanan Pengurus Cabang Muhammadiyah Purwokerto Selatan y....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah