Lima Fungsi Masjid Menurut KH Jazir

Publish

28 September 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
688
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Ta'mir Masjid Jami' Karang Dowo menggelar Kajian/ Tabligh Akbar dengan tema “Dari Masjid Umat Bangkit”, Rabu, 27 September 2023. Tabligh Akbar menghadirkan Ustadz KH Muhammad Jazir ASP dari Masjid Jokokariyan Yogyakarta.

 Acara diawali shalat isya berjama'ah dilanjutkan dengan kajian. Dalam sambutannya Sugeng Rohani mewakili Ta'mir menyatakan bahwa Masjid Jami Karang Dowo (MJK) bebarapa tahun lalu melakukan rehab selama 1 tahun dan saat ini sudah selesai dengan sebuah bangunan yang megah representative. Sehingga para jama'ahnya  dalam melakukan ibadah nyaman dan khusuk. Serta ke depannya kajian seperti ini bisa digelar sebagai bentuk syiar dan memakmur masjid.

Ustad KH Muhammad Jazir ASP dalam pemaparannya menguraikan tentang Fungsi Masjid. Antara lain, pertama, masjid merupakan Baitullah (Rumah Allah) yang mana berfungsi sebagai membangun hubungan antara hamba dengan sang khaliKedua, Baitul Maal, yaitu masjid merupakan tempat dimana umat /masyarakat /rakyat untuk melakukan bersosialisasi apabila umat masyarakat membutuhkan. Di situlah masjid hadir membantu dalam mengatasi masalah dengan memanfaatkan dari Maal tersebut .

Ketiga, Baitul Tarbiyah, masjid berfungsi sebagai tempat mendidik/mengkader generasi muda dengan memberikan fasilitas kemuahan. Jika ada anak yang ingin melanjutkan studinya namun keluarga tidak mampu maka masjid harus hadir.

Keempat, Baitul Muamalah yaitu masjid berfungsi sebagai tempat atau wahana dalam memecahkan persolan umat baik ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Kelima, Baitul Syiasah (Syiasyi) yang mana masjid berfungsi untuk memberikan sebuah tempat untuk memberikan pendidikan politik Keumatan dan kebangsaan. (rz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan presta....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Sabtu (24/02) pagi, di atas sebuah panggung di Lapangan drh. Sup....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen dan PNF) Pimpina....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Saraf terjepit atau yang sering dikenal dengan kecetit merupakan tekana....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Menyongsong Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah, Pimpinan Daerah Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah