Mahasiswa Internasional Palestina di UMP Berbagi Kisah Inspiratif

Publish

10 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Palestina asal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Samar T.M. Alhaj, menjadi bintang tamu dalam sebuah acara di dua Pondok Pesantren Muhammadiyah, yaitu PP Zaenab Masykur Adiwerna, Tegal,  PP Ahmad Dahlan Balapulang Kabupaten Tegal dan SD Budi Mulia Muhammadiyah Adiwerna. Dalam kesempatan tersebut, Samar berbagi kisah inspiratifnya, menggugah hati dan memotivasi puluhan santri yang hadir.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kolaborasi antara Fakultas Agama Islam (FAI) UMP dan FKKS (Forum Komunikasi Kepala Sekolah) Kabupaten Tegal. Samar, mahasiswi kelas internasional UMP asal Palestina, memberikan pandangan pribadi tentang kondisi di Palestina dan perjuangan yang dihadapi oleh masyarakatnya.

Para santri tampak antusias dan terinspirasi oleh kisah Samar, yang juga berbagi tentang kehidupan dan studinya di Indonesia. Kehadiran mahasiswi asal Palestina ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang realitas di Palestina, yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia.

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam di FAI UMP, Dr. Darodjat, M. Ag., menyampaikan bahwa kehadiran Samar dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya FAI UMP dalam mempromosikan dan kolaborasi memajukan pendidikan Islam, mengenalkan dan memahamkan para santri  tentang berbagai realitas global, termasuk kondisi sosial dan politik di Palestina.

"Kami percaya bahwa melalui pengalaman langsung seperti ini, mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai isu global dan menjadi pribadi yang peduli dan berkomitmen," ungkap Dr. Darodjat, M. Ag. saat dikonfirmasi, Rabu (10/1/2024).

Acara tersebut tidak sekadar pertukaran kisah, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara mahasiswa UMP dan FKKS untuk meningkatkan kolaborasi dan peningkatan wawasan global pendidikan Islam di Kabupaten Tegal. Mahasiswa Palestina ini juga mengajak para santri untuk bertanya dan berdiskusi, menciptakan suasana yang interaktif dan penuh inspirasi.

“Semoga kolaborasi semacam ini dapat terus memberikan dampak positif dan memperkaya pengalaman, kolaborasi memajukan mendidikan dan meningkatan wawasan global, dan mutu pendidikan mahasiswa UMP, sambil turut membangun jembatan persahabatan dan pemahaman lintas budaya,” jelasnya. 

Para santri tampak berlinang air mata

Beberapa di antaranya tampak berlinang air mata mendengarkan pengalaman hidup yang penuh perjuangan dari Samar. Sebagai mahasiswi kelas internasional UMP asal Palestina, Samar membagikan realitas kehidupan di Palestina dan pengalaman studinya di Indonesia.

Keberanian Samar dalam berbicara mengenai perjuangan dan kehidupan sehari-hari di Palestina menyentuh hati para santri. Kehadirannya di acara tersebut tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga membawa atmosfer kepedulian dan empati di tengah-tengah santri. (tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah – Belum lama ini Muhammadiyah menerima Penghargaan Zayed Award fo....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Sidang Ter....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Di era digital jaman milenial maka film pendek menjadi media dakwah te....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Sejak bulan November 2019, kebun bibit dan buah Muhammadiyah Turi yang ....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (4/1) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY menerima kunjung....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah