Musyran PRM Prenggan Kotagede Fokus Gerakan Amal Usaha dan Kaderisasi

Publish

19 October 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
427
Pelaksanaan Musyran PRM Prenggan Kotagede  Yogyakarta

Pelaksanaan Musyran PRM Prenggan Kotagede Yogyakarta

YOGAYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PRM Prenggan Kotagede telah melakukan Musyawarah Ranting (Musyran) pada Ahad, 8 Oktober 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kleco, Kotagede, Yogyakarta dan dihadiri sebanyak 150 orang. Salah satu kegiatan utama dari pelaksanaan Musyran ini dalam rangka untuk memilih pimpinan dan pengurus PRM Prenggan periode 2022-2027.

Tak seperti Musyran lima tahun sebelumnya, mekanisme pemilihan pimpinan dalam Musyran tahun ini menggunakan sistem e-voting. Tujuannya, penggunaan sistem tersebut untuk mempersingkat proses pemilihan di Musyran. Hal ini juga menandai upaya PRM Prenggan dalam mengikuti era digital.

"Efisien dan efektifnya yang kita cari, jadi tidak berlarut-larut atau berlama-lama," kata Choirul Huda.

Implementasi dari sistem e-voting ini dipergunakan untuk memfiltrasi beberapa orang yang dijadikan formatur. Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya ditetapkan sebanyak 7 orang formatur. Yakni 1. Choirul Huda. 2. Abdul Salam. 3. Amron Ismadi. 4. M. Husna Perdana Putra. 5. Ruswanto. 6. Kuswanto. 7. Putro Sapto Wahyono.

Setelah melalui musyawarah mufakat, akhirnya ditetapkan Chroirul Huda diangkat sebagai ketua PRM Prenggan untuk 5 tahun ke depan. Penunjukan ini merupakan periode kedua Choirul Huda setelah menjabat posisi yang sama pada 2017-2022. 

Choirul Huda didampingi oleh Ruswanto yang diangkat menjadi sekretaris. Selain itu, Abdul Salam yang ditunjuk sebagai bendahara. Mereka masuk dalam struktur PRM Prenggan dan bekerjasama dalam periode kedua Choirul Huda.

Kepercayaan yang kembali dipegang Choirul Huda memantik adanya harapan pada kepengurusan PRM Prenggan 2022-2027. Di samping tetap mengagendakan dakwah dan meningkatkan tata kelola organisasi, PRM Prenggan juga punya proyeksi lain, yaitu tambahan amal usaha dan kaderisasi.

Menurut Choirul Huda, PRM Prenggan bercita-cita untuk melahirkan amal usaha tambahan yang tergolong unggulan. Paling tidak di luar amal usaha yang sudah ada, seperti Pusat Hewan Qurban (PHQ) dan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Tamwil Muhammadiyah (KSPPS BTM) Kotagede.

"Kemarin dari bidang ekonomi ada yang mengusulkan franchise. Apakah nanti bentuknya nirlaba atau apa, baru tahap penggodokan dan pengkajian serta akan melakukan studi banding," ungkap Huda.

Kendati menjadi tugas bidang ekonomi PRM Prenggan, Huda menegaskan bahwa wacana mengenai amal usaha tambahan merupakan cita-cita bersama. Terlebih, amal usaha itu berpotensi memberi kontribusi untuk mendukung dakwah PRM Prenggan.

“Harapannya kita bisa ada kemandirian dari sisi aset atau pendanaan yang ada di PRM Prenggan maupun Aisyiyah,” imbuh Huda.

Sementara itu, perhatian PRM Prenggan terhadap kaderisasi juga tidak kalah penting. Menurut Huda, kunci proses tersebut terletak pada kesempatan yang diberikan untuk generasi muda, baik dari segi ruang, waktu, maupun pendanaan. 

Jika para pemuda dilibatkan dalam kegiatan, regenerasi bisa berjalan. Sebab, mereka dianggap akan merasa di-uwongke dan punya tanggung jawab, di samping memperoleh peluang menggali potensi diri masing-masing.

Choirul Huda menyadari adanya konsekuensi yang akan dialami apabila generasi muda hanya dijadikan sebagai tenaga bantu. Rasa segan, pekewuh, dan tidak percaya diri dapat melingkupi perasaan mereka. Hal ini bisa menghambat kaderisasi. Karena itu, penting untuk memberi kesempatan pada generasi muda.

"Pengkaderan ini menjadi cita-cita kita, sehingga harapannya dalam 5 tahun ke depan sudah ada kader-kader muda yang berani secara pemikiran, mental, moral, tenaga, serta waktu untuk menjadi pewaris pengurus yang sekarang," harap Huda. (Roni/Yasin/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) ....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperingati Hari Difabel Internasional (HDI), M....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Kegiatan Praktik Dakwah Lapangan (PDL) santri Pondok Pesantren Al-M....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

PALU, Suara Muhammadiyah - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Palu menggelar kegiatan aksi sos....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Di tengah perang Hamas dan Israel, Samar T. M. Alhaj, seorang ....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah