PCM Sambong Gandeng Comma Berbagi Perlengkapan Shalat

Publish

7 April 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
91
Istimewa

Istimewa

BLORA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka meningkatkan semangat anak-anak semangat beribadah sholat, PCM Sambong, Blora Jateng menggandeng Comma mengadakan program berbagai perlengkapan sholat bagi 20 anak-anak yatim di RT 3 desa Sambong, kecamatan Sambong kabupaten Blora, Ahad (7/4). 

Program ini dipusatkan di Mushola At-Taqwa, PRM Sambong. Momen ini juga bersamaan dengan program Bakti Sosial Ramadhan 1445 H yang digagas PCM Sambong bekerjasama dengan  PKU Muhammadiyah Cepu, LazisMu Cepu dan SMK Muhammadiyah 2 Cepu.

Dalam sambutannya Ketua PCM Sambong menyampaikan apresiasi kepada Comma dan kitabisa.com yang berkenan bersama kami menghidupkan ranting dan cabang Muhammadiyah sambong yang baru saja berdiri. 

"Perhatian PP Muhammadiyah, PKU Muhammadiyah Cepu, LazisMu dan SMK Muhammadiyah 3 Cepu ini akan menyemangati kami untuk terus menjadikan ranting penting, sehingga cabang Muhammadiyah Sambong terus berkembang dalam rangka membangun kepedulian sosial bagi masyarakat, khususnya di desa Sambong", tegas Muhammad Jaelani dalam sambutan pembuka program Bakti Sosial ini.

Sementara Mariman Darto, Ketua MPKS PP Muhammadiyah menegaskan bahwa semangat kepedulian terhadap sesama itu penting. Ini tidak mudah karena kepedulian adalah soal kesadaran warga terhadap tanggung jawab sosial dirinya dengan warga dilingkungan sekitarnya. 

"Semangat kepedulian wajib ditunjukkan oleh warga persyarikatan Muhammadiyah. Memang jalan yang tidak mudah. Namun ini pilihan terbaik warga setidaknya sebagai wujud tanggungjawab sosial warga kepada sesama. Inilah spirit yang ditegaskan Allah SWT dalam Al Quran Surat Al Balad ayat 12-16", tegas Mariman Darto.

Mariman menguraikan bahwa meskipun jalan mendaki, sebagaimana pesan Allah dalam Al Balad, kepedulian kepada sesama harus diarahkan pada empat sasaran yang wajib mendapat perhatikan.

"Saya melihat dalam konteks penerapan QS. al Balad keempat sasaran yang perlu dibantu adalah sebagai berikut : Pertama, orang-orang yang hari belum merdeka (hamba sahaya). Diantaranya adalah kelompok masyakat dengan tingkat kemiskinan ekstrim dengan pendapatan perbulan 350-an ribu perbulan; Kedua, orang-orang yang karena krisis membutuhkan makan untuk menyambung hidupnya; Ketiga, anak yatim khusunya yang secara kekerabatan paling dekat dengan kita; dan Keempat, orang miskin yang fakir", ujar Mariman.

Mariman menambahkan, tugas cabang dan ranting dalam rangka turut serta mengembangkan kepedulian sosial adalah mendeteksi kerawanan sosial terutama dari 4 kelompok sasaran ini. Jika ranting dan cabang mampu menghimpun data secara baik akan memudahkan Muhammadiyah membantu mereka secara tepat sasaran. 

Kedepan kolaborasi Comma dan kitabisa.com akan lebih menyasar penerima manfaat ini. Karena merekalah yang paling membutuhkan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah -- Unilever Indonesia menjalin kerja sama dengan Muhammadiyah melalui La....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

INDRAMAYU, Suara Muhammadiyah - Putaran kedua kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan sudah dim....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 10 perwakilan dari SD Ummu Aiman di bawah Yayasan Bani Salim Umm....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Menjelang pelaksanaan Milad Muhammadiyah ke-111 “LESBUPORA ....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Biringkanaya Kota Makassar menggelar keg....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah