Puasa Syawal, Amalan Pasca Ramadhan yang Hampir Terlewatkan

Publish

19 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
246
Puasa Syawal

Puasa Syawal

 Puasa Syawal, Amalan Pasca Ramadhan yang Hampir Terlewatkan 

Oleh: Ika Sofia Rizqiani, S.Pd.I, M.S.I.

Bulan suci Ramadhan telah terlewati, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melanjutkan amalan berbuah pahala di bulan Syawal ini. Datangnya bulan Syawal telah disambut hangat oleh orang-orang yang telah mendapatkan kemenangan Ramadhan, dimulai dengan memberi zakat fitrah, salat Idulfitri, mendengarkan khotbah, bersilaturahmi dan saling memaafkan.

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu. Hal ini harus kita manfaatkan dengan baik, jangan sampai Syawal berlalu tanpa ada amalan kebaikan yang kita lakukan. Dengan kita mengusahakan menjalani amalan setelah Ramadhan yang mungkin hampir terlewatkan, semoga Allah memberikan keberkahan untuk dunia dan akhirat.

Keistimewaan Bulan Syawal

Bulan Syawal merupakan momen perayaan umat Islam atas kemenangan dalam menahan dahaga, lapar, serta hawa nafsu lainnya selama bulan Ramadhan.

Syawal dalam bahasa Arab berasal dari kata syala yang berarti irtafa'a, naik atau meninggi. Bulan ini menjadi bentuk pembuktian bagi umat Islam apakah mereka mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan keimanannya sebagaimana seperti yang telah terlaksana di bulan Ramadhan, di mana mereka telah di tempa dengan berpuasa kurang lebih 30 hari, melakukan amalan-amalan sunnah, tilawah Qur’an, qiyamu lail, dan lain-lain.

Melalui bimbingan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam telah menjadikan bulan Syawal sebagai pengiring bulan Ramadhan yang tepat untuk menjaga konsistensi ketaatan. Beliau telah mensyariatkan aktivitas-aktivitas dan menjelaskan tentang keutamaan serta ganjaraan.

Puasa Syawal

Salah satu keutamaan di bulan Syawal adalah puasa enam hari, biasanya dimulai pada hari kedua bulan Syawal karena hari pertama yaitu saat hari raya Idulfitri diharamkan untuk puasa. Setelah sebulan penuh menjalani puasa bulan Ramadhan, maka puasa enam hari pada bulan Syawal menjadi pelengkap bahkan penyempurna amalan kebaikan di bulan Ramadhan.

Puasa enam hari pada bulan Syawal telah diibaratkan seperti berpuasa sepanjang tahun, seseorang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan 10 kebaikan yang semisal. Puasa Ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. Puasa Syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan dua bulan.

Dari Tsauban, dari Rasulullah Saw. (diriwayatkan bahwa) beliau bersabda, “Barang siapa berpuasa Ramadhan, maka pahala satu bulan Ramadhan itu (dilipatkan sama) dengan puasa sepuluh bulan, dan berpuasa enam hari sesudah Idulfitri [dilipatkan sepuluh menjadi enam puluh], maka semuanya (Ramadhan dan enam hari bulan Syawal) adalah genap satu tahun.” (HR. Ahmad)
Imam Nawawi dalam Syarh Muslim, 8/56 mengatakan, “Para ulama madzhab Syafi’i mengatakan bahwa paling afdhol (utama) melakukan puasa syawal secara berturut-turut (sehari) setelah shalat ‘Idulfitri. Namun jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadhan.”

Oleh karena itu, boleh saja seseorang berpuasa Syawal tiga hari setelah Idulfitri, baik secara berturut-turut ataupun tidak, karena dalam hal ini ada kelonggaran. Namun, apabila seseorang berpuasa Syawal hingga keluar waktu (bulan Syawal) karena bermalas-malasan maka dia tidak akan mendapatkan ganjaran puasa Syawal seperti yang telah Rasulullah saw. syariatkan.

Meskipun ganjaran bagi siapa saja yang melaksanakan puasa Syawal sangat besar, namun dianjurkan bagi seseorang yang masih memiliki qadha puasa Ramadhan untuk menunaikannya terlebih dahulu. Sebab, perkawa yang wajib memang harus diutamakan daripada perkara sunnah. Tanggungan atau hutang puasa Ramadhan harus dituntaskan terlebih dahulu agar bisa mendapat pahala ganjaran semisal setahun penuh.

Demikianlah keistimewaan bulan Syawal, sudah seharusnya umat Islam menjaga amalan-amalan kebaikan yang telah dilakukan di bulan Ramadhan berlanjut hingga bulan-bulan selanjutnya, termasuk tidak melewatkan ganjaran besar yang ada di bulan Syawal kali ini.

Ika Sofia Rizqiani, Dosen Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sukabumi


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Khafid Sirotudin Ormas singkatan dari organisasi massa atau organisasi masyarakat. Sebagaiman....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Wawasan

Oleh: Dr M Samson Fajar, MSosI Berbicara tentang kepahlawanan dalam SeratKridhawasita yang beriskan....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Wawasan

Merawat Spirit ‘Idul Fitri Oleh Muhammad Qorib, PWM Sumatera Utara dan Dekan FAI UMSU &lsquo....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Wawasan

Implementasi Platform Merdeka Mengajar Oleh: Wiguna Yuniarsih, Wakil Kepala SMK Muhammadiyah 1 Tang....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Wawasan

Homo Digitalis Kehilangan Titik Referensi Oleh: Agusliadi Massere Dalam narasi-narasi semiotik Yas....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah