Rakerda LLHPB Aisyiyah Sukoharjo, Satukan Langkah Gerakan Ketahanan Keluarga

Publish

28 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
244
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Konsolidasikan organisasi dan program kerja, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah (PD) ‘Aisyiyah selenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dihadiri 41 peserta dari pimpinan LLHPB Pimpinan Daerah dan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) se-Sukoharjo.

Pembukaan Rakerda LLHPB yang mengangkat tema ‘Ketahanan Keluarga terhadap Perubahan Iklim dan Bencana untuk Mewujudkan Qoryah Thoyyibah Daerah Sukoharjo’ ini dilaksanakan pada Ahad (26/11/23) di Aula SMK Muhammadiyah 01 Sukoharjo. 

Proses sidang Rakerda menjadi penjelasan arah program sesuai dengan hasil Tanfidz Keputusan Muktamar ke 48 ‘Aisyiyah untuk bidang lingkungan hidup dan bencana. Kemudian dilanjutkan penjelasan rencana program kerja LLHPB PD ‘Aisyiyah Sukoharjo selama 5 tahun kepengurusan sesuai hasil Rapat Kerja Pimpinan LLHPB

Dalam Rakerda terdapat penyampaian materi dan program kerja, diantaranya yakni; Materi Risalah Perempuan Berkemajuan yang disampaikan oleh Ismokoweni (Ketua LLHPB); Materi Devisi Lingkungan Hidup oleh Maryati, Ph.D, Apt (Ketua Divisi Lingkungan Hidup); Materi Devisi Penanggulangan Bencana oleh Prof  Dr. Sri Lestari, M.Psi (Ketua Devisi Penanggulangan Bencana).

Ketua LLHPB PD ‘Aisyiyah Sukoharjo, Ismokoweni.SE.M.M menyampaikan tujuan Rakerda salah satunya adalah konsolidasi organisasi, pimpinan dan program. “Bagaimana pimpinan memahami ruang lingkup dan isu permasalahan lingkungan dan kebencanaan, serta bagaimana program yang akan dijalankan bisa sejalan dengan spirit Risalah Perempuan Berkemajuan,” ungkap Ketua LLHPB.

Lanjut Ismokoweni menjelaskan tentang Risalah Perempuan Berkemajuan yang menjadi rumusan konseptualisasi, makna dan karakter tentang perempuan berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Turunan Programnya ialah Pengajian Lingkungan dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait.

Program kerja pada divisi lingkungan hidup terdapat 3 gerakan yakni Gerakan Penanaman Pohon, Gerakan Peduli Sampah, Green Aisyiyah. Sedangkan pada divisi penanggulangan bencana yaitu Keluarga Tangguh Bencana, Satuan Pendidikan Aman Bencana (Spab), Peningkatan Kualitas Sumber Daya Dalam Penanganan Bencana, Penanganan Bencana.

“Harapannya apa yang disampaikan dari materi yang ada dapat tercapai sehingga umat betul-betul sudah punya kesadaran dalam pelestarian lingkungan maupun faham dalam kebencanaan. Tentu saja risalah perempuan berkemajuan tercapai.” Harap Ketua LLHPB.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta mengadak....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Yogyakarta (18/10) 50 cabang Muhammadiyah Se Daerah Istimewa Y....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Peringati ulang tahun yang ke 25 tahun pada tanggal 5 September 2023....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Univesitas Muhammadiyah Surakarta ....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Jawa Timur (Mudipat) menoreh presta....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah