Ramadhan 1445 H, PKUM UMPR Terjunkan Mubaligh Hijrah Ke 11 Titik

Publish

12 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
211
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) kembali melepas dan menerjunkan Mubaligh Hijrah Berkemajuan selama Bulan Ramadhan 1445 H di 11 titik dakwah. Para Mubaligh secara langsung dilepas oleh H. Muhammad Zuhri, S.HI., M.Pd.I., Wakil Ketua PWM Kalimantan Tengah di depan Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, Sabtu (9/3/24). 

Mubaligh Hijrah merupakan satu dari berbagai kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kader Muhammadiyah pada setiap Bulan Ramadhan, khususnya di lembaga pendidikan baik di tingkat pendidikan menengah maupun di perguruan tinggi dan asrama mahasiswa. Mubaligh Hijrah di UMPR diinisiasi oleh kader-kader Muhammadiyah yang dididik dan dibina di Asrama Mahasiswa PKUM UMPR. Mubaligh Hijrah di PKUM UMPR diawali pada tahun 2022 M/ 1443 H, dan UMPR satu-satunya Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTMA) di Kalimantan yang baru melaksanakan program tersebut.

Pada Ramadhan kali ini, PKUM UMPR berkolaborasi dengan Majelis Tabligh PWM Kalimantan Tengah dan Lazismu Kalimantan Tengah, dan kembali mengirimkan 23 Mubaligh ke 11 titik sasaran dakwah, berikut Mubaligh dan lokasi dakwah:

1.    Muhammad Reza dan Rakhmat Hidayat: Masjid Al-Huda PCM Raren Batuah, PDM Barito Timur.
2.    Firdan Dwi Setiawan dan Perdi: Masjid At-Taqwa Buntok, PDM Barito Selatan.
3.    Alfi dan Gilang Viko Perdana: Masjid K. H Ahmad Dahlan, PDM Pulang Pisau.
4.    Ahmad Zam Roni dan Ahmad Habibi: Desa Jahanjang, PCM Kamipang, PDM Katingan.
5.    Rido dan Fazrun Kamal: Masjid Al-Manar Puruk Cahu, PDM Murung Raya. 
6.    M. Sarif Nur Hidayat dan Surya Dinata: Masjid At-Taqwa Tamiang Layang, PDM Barito Timur.
7.    Muhamad Syahrial Adri dan Haziq Abduh: Kantor Lazismu, PDM Kotawaringin Timur.
8.    Muhammad Rasyid Ridha dan Muhammad Rijani: Masjid Al-Jihad Kuala Pembuang, PDM Seruyan.
9.    Abdul Wahid Sya’ban: Masjid Nurul Iman Kasongan, PDM Katingan.
10.    Muhammad Abid Albaqie dan Masrul Amrullah: Masjid Baitul Gaza, PDM Kota Palangka Raya.
11.    Sarli Wahyudi, Rifky Ash Shodiqul Isnaini, Syahrul Ramadhani, dan Muhammad Hartono: Masjid Kampus II Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Dalam kegiatan pelepasan Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 H, H. Muhammad Zuhri, S.HI., M.Pd.I, menyampaikan pesan dan arahan peran Mubaligh dalam bermasyarakat.

“Berdakwahlah sesuai dengan situasi dan kondisi lapangan dakwah, dalam berdakwah permudahlah jangan mempersulit, berikan kabar gembira dan janganlah membuat umat lari, mubaligh atau dai harus siap melayani umat 24 jam, jaga diri, jaga kesehatan dan nama baik semuanya,” pesannya.

Ketua Lazismu Kalimantan Tengah, Muhammad Fitriani, S.HI., juga menyampaikan dukungannya dalam pelaksanaan program tersebut.

“Lazismu Kalteng akan mendukung program ini karena juga bagian dari program Ramadhan lembaga kami yang berkolaborasi dengan Majelis Tabligh dan PKUM UMPR, kami sudah mengamanatkan kepada Lazismu di daerah untuk memperhatikan dan memberikan kesejahteraan kepada Mubaligh selama bertugas,” ungkapnya. 

Supriyadi, M.Pd.I., Ketua Program Studi PGMI UMPR sekaligus mewakili Dekan FAI UMPR menyampaikan harapan dan doa.

“Mewakili Pimpinan FAI UMPR, kami mengucapkan selama bertugas, jaga nama baik fakultas, semoga Allah memberikan perlindungan dan kesehatan selama melaksanakan program ini,” harapnya.

Pelepasan Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 H juga dihadiri oleh Sekretaris Majelis Tabligh sekaligus Pembina PKUM UMPR, Aris Pratama Gunawan, S.H.

Mubaligh Hijrah juga merupakan rangkaian dari kegiatan Gema Ramadhan 1445 H PKUM UMPR, yang di dalamnya ada pula kegiatan Pesantren Ramadhan, Safari Dakwah, Tadarus Al-Qur’an, Buka Bersama, Berbagi Takjil, Sahur Gembira, Kajian Ramadhan, Imam Salat dan Ceramah, Kado Ramadhan, Talk Show dan Mutiara Hikmah.

Bagi para dermawan yang ingin menyukseskan program dan kegiatan dakwah ini bisa menyalurkan melalui Nomor Rekening 7227817733 an. Asrama Mahasiswa PKUM UMPR (Bank Syariah Indonesia). (Aris Pratama Gunawan)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiwa Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pemilu 2024 di depan mata. Pada Rabu (14/2) mendatang, seluru....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah 1 Labuhan....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

TAIPEI, Suara Muhammadiyah - Dosen Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Kafilah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tengah berbunga-....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah