Ramadhan Bersamaku, Pemberdayaan Jalanku

Publish

20 March 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
100
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PC IMM Surabaya Gelar Pelatihan Crowfunding dan Conten Creator dalam Rangkaian Tour Humanity

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (SPM) Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammaddiyah (IMM) Kota Surabaya menyelenggarakan Kegiatan Tour Humanity yang bertema “Ramadhan Bersamaku, Pemberdayaan Jalanku”. 

Kegiatan ini berisi tentang pelatihan crowdfuding, Branding Rumah Binaan, dan Pembagian Paket Ramadhan untuk anak binaan IMM Se-Surabaya. Kegiatan tersebut berlangsug di Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Wuni No.9, Ketabang, Kec. Genteng Kota Surabaya, Ahad (17/04/2024).

Kegiatan ini di buka langsung oleh ketua umum PC IMM Kota Surabaya IMMawan Ramadhani Jaka Samudra dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa berdakwah pada umat tidak hanya di dalam masjid maupun ceramah, namun juga pada penerapan ilmu kemanusiaan dan pemberdayaan terhadap masyarakat sosial. Jalan pemberdayaan merupakan jalan dakwah yang paling banyak mendapatkan tantangan karena sasarnnya beraneka ragam yang ditemui berbeda dengan ketika kita berdakwah diatas mimbar. Gerakan pemberdayaan merupakan penyambung pewaris dakwah yang dibawah oleh nabi Muhammad SWA. untuk bagaimana kemudian keterpihakan terhadap kelompok-kelompok lemah (dhuafah) dan mustada’afin. Sambungnya. 

IMMawati Widdi Nabilah yang merupakan ketua pelaksana kegiatan Tour Humanity ini menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diikuti oleh 19 peserta yang berasal dari bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Bidang Media Komunikasi. Ia juga berpesan kepada seluruh peserta bahwa setelah acara pelatihan Crowdfunding dan Conten Creator, peserta diharapkan untuk mengimplementasikan di dalam rencana tindak lanjut (RTL) yang nanti outpunya adalah untuk Membranding Rumah Binaan sesuai dengan rangkaian Tour Humanity. Ujarnya.

Materi Pertama dalam kegiatan ini mengenai pelatihan Crowdfunding yang disampaikan oleh narasumber yaitu Syifaul Qolbi Ekhiasan selaku selaku Anggota bidang SPM 2023\2024, kemudian materi yang kedua mengenai Conten Creator yang disampaikan oleh Muhammad Ilhamul Ghonim selaku Anggota bidang Medkom 2023\2024.

Syifaul Membahas tentang apa itu crowdfunding, yakni teknik pendanaan untuk proyek atau unit usaha yang melibatkan masyarakat. Di indonesia sendiri sistem crowdfunding mulai masuk tahun 2012 yang bergerak dibidang sosial nonprofit seperti kesehatan, pendidikan, linkungan dan budaya. Kemudian mengikuti perkembangan investasi dunia khususnya perkembangan equity crowdfumding di dunia.

Kemudian dijelaskan oleh Ghonim bagaimana sudut pengambilan foto yang baik, pencahayaan, audio yang bersih, juga hal-hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin membuat video branding rumah binaan ataupun program sosial dari komisariat, yang mana video branding ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk berdonasi terhadap rumah binaan ataupun program sosial komisariat.

Tak hanya diajarkan secara teori peserta kegiatan Tour Humanity dilatih untuk membuat script video branding sebelum pengambilan footage, agar peserta paham betul terkait video apa yang akan dibuat dan apa ingin disampaikan kepada penonton. Penyampaian ide pada tiap komisariat saat sesi Focus Group Discussion juga diselingi dengan tukar pendapat tiap peserta hingga evaluasi langsung dari pemateri. 

Terakhir, Kabid Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat IMMawan Moch. Syakroni mengapresiasi kinerja panitia untuk mensukseskan kegiatan tersebut dan berpesan kepada seluruh peserta untuk mengerjakan Rencana Tindaklanjut (RTL) karena kedepan akan menjadi terobosan baru bagi teman-teman yang bergerak di dalam bidang sosial, untuk meminimalisir cara konvensional dalam mengumpulkan pendanaan, tentu sudah mulai bergeser ke cara kreatif dan inovatif. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Ribuan warga persyarikatan berduyun-duyun datang ke pengajian a....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Atlet dari Pimpinan Cabang Tapak Suci Putera Muhammadiyah (PC TSPM) UM....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

MAKKAH, Suara Muhammadiyah - Tiga santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Tengah (PWA Kalteng), melalu....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kemah Prestasi Mandiri (Presma) SD Muhammadiyah Condongcatur (SDM CC) m....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah