Sertifikasi Kompetensi Dorong Lulusan UMY Ready to Use untuk Industri

Publish

4 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
223
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penyiapan Sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan sesuai standar industri menjadi fokus utama dalam Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Tujuan dari Perpres ini adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten, produktif, dan berdaya saing untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Hal ini semakin relevan dengan pendekatan teori Triple Helix yang menyebutkan bahwa pemerintah, universitas, dan industri bekerja sama untuk membuat kebijakan bersama. Pemerintah bertindak sebagai pembuat kebijakan, universitas bertindak sebagai pusat pengajaran, dan industri bertindak sebagai penyedia layanan masyarakat. Untuk itu menjadi keniscayaan untuk menyiapkan pendidikan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir. Pada hilirnya, universitas melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melakukan assessment untuk sertifikasi kompetensi bagi para mahasiswa. 

Hal ini dinyatakan Muhammad Nur Hayid, komisioner BNSP saat melakukan full assessment penambahan ruang lingkup di LSP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Minggu (3/12). “Penerapan model triple helix ini terwujud dengan adanya sertifikasi kompetensi kepada mahasiswa. Sertifikasi kompetensi membuktikan bahwa lulusan perguruan tinggi dinyatakan kompeten dan ready to use untuk industri yang membutuhkan,” ujarnya. Hayid memberikan apresiasi kepada LSP UMY yang secara sistemik mengikuti regulasi BNSP dan terus meningkatkan jumlah skema.

LSP UMY telah melakukan sertifikasi kepada lebih dari seribu delapan ratus mahasiswa. Hal ini merupakan prestasi, mengingat LSP UMY baru berdiri dua tahun. Jumlah skema sertifikasi yang dimiliki oleh LSP UMY adalah tiga puluh delapan, dan seratus tujuh belas asesor kompetensi. Full assessment penambahan ruang lingkup LSP UMY diikuti oleh seluruh pengurus LSP UMY.  Proses full assessment penambahan ruang lingkup LSP UMY diketuai oleh Muhammad Nur Hayid, dengan anggota Syahrizaan Al Mahzar. (fj)

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Aula Kasman Singodimejo, Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Puji dan Syukur dihari yang ke-lima Ramadhan, Islamic Center ....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Solear mengadakan pengukuh....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

TELUK KUANTAN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Cabang ke-16 Muhammadiyah, Aisyiyah dan Nasyiyatul Ai....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengusung tema “Sempurnakan Tugasmu dengan Mendeley”, H....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah