Siswa Korea Selatan Belajar Seni dan Kebudayaan di Spemma

Publish

23 January 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
213
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 16 siswa dan 3 guru Daejeo Middle and High School, Busan, Korea Selatan mengikuti pertukaran pelajar (student exchange) di SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma) selama sepekan (19-26/1/2024).

Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Miftakul Khoir SPd mengatakan, kegiatan pertukaran pelajar kali ini dari pihak Spemma ingin mengenalkan bahwasanya Indonesia kaya akan musik tradisional, salah satunya musik angklung kepada para siswa Daejeo Middle and High School.

"Dengan musik tradisional angklung tersebut, kita bisa mengenalkan kepada manca negara tentang berbagai budaya kearifan lokal, karena yang mereka cari kesini sebenarnya budaya tradisional Indonesia," jelasnya, Senin (22/1/2024).

Kegiatan tersebut, sambung Miftakul Khoir, merupakan salah satu rangkaian kegiatan pertukaran pelajar yang setiap tahun selalu diadakan.

"Setiap tahun pasti kami mengenalkan budaya lokal, baik baju adat dari berbagai daerah di Nusantara ketika berkunjung ke Busan, untuk kali ini mereka berkunjung ke sini, kita kenalkan musik tradisional angklung khas dari Bandung Jawa Barat," tuturnya.

Masih dengan Miftakul Khoir, karena tidak semua sekolah bisa melaksanakan pertukaran pelajar seperti ini, para siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya sangat senang sekali karena dan begitu antusias menyambut siswa Daejeo Middle and High School ketika mengikuti upacara bendera dihalaman sekolah.

"Kegiatan ini sangat luar biasa dan sangat perlu kita banggakan karena menjadi salah satu program unggulan SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya", ungkapnya.

"Kami berharap supaya para siswa Korea memperoleh ilmu yang berkaitan tentang musik tradisional yang ada di Indonesia, jadi ada hasil nyata pertukaran budaya dari Indonesia dan Korea Selatan," tandasnya.

Mewarnai Topeng

Memasuki hari ke-5 pertukaran pelajar (student exchange), para siswa Daejeo Middle and High School, Busan, Korea Selatan belajar mewarnai topeng Panji di SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma), Selasa (23/1/2024).

Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Miftakul Khoir SPd mengatakan, topeng Panji berasal dari Indonesia, dimana topeng tersebut merupakan bagian dari seni tradisional Jawa Barat yang digunakan dalam pertunjukan wayang topeng.

"Kami mengajak 16 siswa Korea untuk belajar mewarnai topeng Panji sebagai bentuk pengenalan budaya lokal Nusantara dimana topeng Panji merupakan salah satu kesenian dari Cirebon Jawa Barat," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Miftakul Khoir mewarnai topeng Panji juga memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk menambah nilai estetika, memberikan identitas karakter atau cerita yang diwakili oleh topeng, serta sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi dan warisan budaya.

"Mudah-mudahan dengan belajar mewarnai topeng Panji, para siswa Korea tersebut semakin memahami berbagai budaya khas asli Indonesia, sehingga mereka bangga dan cinta kepada Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Guru Seni Budaya Spemma Teguh Prasetyo SPd berharap anak-anak bisa mengeksplorasi unsur-unsur seni dimana dasarnya dari garis, bangun, bidang, warna, dan tekstur.

"Melukis topeng Panji memiliki beberapa kesulitan bagi anak-anak, seperti dikejar dengan waktu, serta kejenuhan yang membuat anak-anak mudah menyerah, detail hal-hal yang kecil sering kurang diperhatikan," tuturnya.

"Memberikan warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau dapat memberikan kehidupan pada topeng panji, menciptakan kesan yang kuat dan energetik. Kombinasi tersebut dapat mencerminkan semangat dan harapan yang diinginkan," tandasnya. (Yuda)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

NGAWI, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Ngawi, salah satu sekolah favorit yang berada di teng....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

SIMPANG EMPAT, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Derah Muhammadiyah Kabupaten Pasaman Barat gelar Milad ....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menjaga kualitas pendidikan yang selalu relevan dengan tunt....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bireuen dr. Athaillah Lat....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah