Tandatangani MoU, Umri Sepakati Kerjasama Dengan USU

Publish

8 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
158
Foto Istimewa/SM

Foto Istimewa/SM

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dan Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (7/2/2024) tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bertempat di Ruang Audiensi Rektor Lantai 3 Gedung Rektorat USU, Medan. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA dan Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi.

Kedua belah pihak sepakat menjalin kerjasama dalam hal pelaksanaan Pendidikan, Pengajaran dan Pengabdian Masyarakat. Disepakati pula poin-poin kerjasama yang kemudian akan diturunkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) dan Agreement Implementation (AI).

Dalam sambutannya Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA mengatakan bahwa kerjasama dengn USU adalah hal yang tentu sangat strategis karena USU memang kampus cemerlang dan terbilang dalam banyak aspek.

“Kami memandang bahwa kerjasama dengan USU adalah hal yang tentu sangat strategis karena USU memang kampus cemerlang dan terbilang dalam banyak aspek baik SDM, jumlah dan pilihan Program Studi berikut akreditasinya sebagai tempat kami bejalar” sebut Saidul Amin.

Saidul Amin juga berharap bahwa setelah ditandatanganinya MoU ini akan dilanjutkan pula dengan MoA yang lebih rinci dalam peningkatan standar akreditasi di Umri yang salah satunya dosen-dosen harus bergelar S3. 

Lebih lanjut Saidul Amin merinci bahwa saat ini ada 67 dosen Umri yang sedang lanjut S3 di Malaysia dan masih banyak yang belum S3. Padahal banyak prodi yang tersedia di USU sebagai pilihan. Demikian juga saat ini Umri sedang mempersiapkan Fakultas Kedokteran (FK). Diantara kebutuhannya adalah dosen untuk S2 Biomedik yang ada juga di FK USU.

“Karenanya kami meminta kesediaan supervisi untuk pengembangan kampus Umri yang saat ini terdiri 8 Fakultas dan 28 program studi” papar Saidul Amin.

Sementara itu Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi mengatakan bahwa hendaknya dengan kerjasama inj akan membawa manfaat untuk kedua belah pihak.

“Kami berharap bahwa kerjasama ini saling memberi maanfaat bukan hanya searah dari USU saja tapi juga sebaliknya dari Umri juga. Riset kolaboratif bersama penulisan bersama dan kegiatan lain yg berguna untuk kedua belah pihak diataranya dapat dikembangkan” ujar Muryanto.

Lebih lanjut Muryanto mengatakan “keberadaan USU kempunyai kewajiban untuk mensupervisi kampus-kampus yang ada. Sebelum Umri kami juga melakukan supervisi kampus yang ada di Kolaka Sulawesi. Semoga kerjasama inj dapat terealisaai dengan baik” pungkasnya.

Penandatanganan MoU kemudian ditutup dengan penyerahan cendera mata dari kedua belah pihak dan foto bersama.

Turun hadir dari pihak Umri Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus SSos MIKom. Sementara dari pihak USU hadir Wakil Rektor 3 Prof Dr Apt Poppy AZ Hasibuan MSi, Wakil Dekan 3 Fisip Dr Harmona Daulay SSos MSi, Direktur Pengembanhan Pendidikan Dr Muhammad Anggia Muchtar ST MM IT, Prof Dr dr Kamal Basri Siregar MKed (Surg) SpB (K Onk), serta Manajer Kemitraan Global Dr Arida Susilowati SHut MSi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JEMBER, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 3 Jember mengadakan pelatihan Eco-Enzyme sebagai pengo....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah-  Konsolidasi Aisyiyah Sumatera Utara Zona-III berlangsung di Kota Si....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Daerah (Musyda) XVII Pimpinan Daerah Pemuda Muhamm....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Untuk kali pertama dalam sejarah, Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya mengembangkan bakat minat santri dalam dunia perfilm....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah