UMS Buka Prodi Magister Fisioterapi Pertama di Indonesia

Publish

15 January 2024
ums

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
297
Fisioterapi

Fisioterapi

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali membuka Program Studi (Prodi) Fisioterapi Program Magister dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMS. Dibukanya Prodi itu berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) nomor 53/E/O/2024 tentang Izin Pembukaan Program Studi Fisioterapi Program Magister pada Universitas Muhammadiyah Surakarta di Kota Surakarta yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah.

Dekan FIK UMS, Dr Umi Budi Rahayu, S.Fis., Ftr., M.Kes., mengucapkan rasa syukur yang tiada terkira karena UMS bisa mengawali pembukaan Program Magister Fisioterapi pertama di Indonesia.

"Ini adalah program yang sangat dinantikan asosiasi institusi pendidikan tinggi fisioterapi untuk kebutuhan peningkatan dan pengembangan ilmu fisioterapi dan juga dinantikan asosiasi profesi fisioterapi yang akan membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas layanan fisioterapi untuk masyarakat," ungkap Dekan FIK, Minggu, (14/1).

Umi berharap, Prodi Magister Fisioterapi itu dapat memenuhi kebutuhan tenaga fisioterapi khususnya di dunia akademik dengan keahlian yang linier/sesuai, berkontribusi positif dalam pengembangan keilmuan fisioterapi secara umum dan memperkokoh keilmuan fisioterapi dengan basic biomolekuler dan ilmu gerak sebagai pondasi (secara khusus) sesuai dengan keunggulannya.

"Semoga dapat eksis mengikuti perkembangan ilmu fisioterapi di level nasional sesuai dengan problem kesehatan di Indonesia dan di level global sesuai dengan problem kesehatan dunia dalam domain layanan fisioterapi di bawah World Physical Therapy," harapnya.

Sebagai dekan, Ia memiliki rencana kedepan untuk prodi semakin eksis dan unggul, rencana tersebut meliputi: (1) Menjalankan tatakelola yang baik sehingga proses pengelolaan prodi tetap berjalan baik dan update; (2) Memenuhi dan mengembangkan sarana prasarana yang mutakhir untuk pengembangan ilmu fisioterapi; (3) Menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk bisa berkontribusi melayani kebutuhannya; (4) Menjalin kerjasama dengan pemerintah sehingga bisa berkontribusi khususnya untuk layanan fisioterapi; dan (5) Menjalin kerjasama dengan institusi fisioterapi dan komunitas fisioterapi luar negeri untuk selalu update pengembangan keilmuan fisioterapi.

Dr Mahendra Wahyu Dewangga, S.Fis., M.Biomed., sebagai Tim Task Force, menceritakan bahwa perencanaan pengajuan program studi magister fisioterapi sebenarnya sudah direncanakan cukup lama, namun selama tahun 2023 proses pembuatan dan pengajuan berkas berkas pembentukan program studi magister fisioterapi menjadi cukup serius hingga proses submit berkas yg diajukan pada bulan November 2023.

"Alur pengajuan dimulai sejak awal tahun 2023, dari mempersiapkan berkas, mempersiapkan tenaga dosen dan mempersiapkan segala penunjang yang diperlukan untuk proses submit. Namun proses submit berkas pengajuan ke akun siaga.kemendikbud.go.id dilakukan di tanggal 13 November 2023," jelas Mahendra.

Rencana yang paling dekat, lanjutnya, yakni akan segera diskusi dengan berbagai pihak, baik rektorat, stake holder,  Asosiasi Pendidikan Tinggi Fisioterapi Indonesia (APTIFI), dan Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) guna proses pnerimaan mahasiswa baru. "Kemudian kami berencana menjadikan prodi kami sebagai rujukan keilmuan fisioterapi di indonesia dan di dunia internasional yang unggul dalam bidang biomolekuler dan ilmu gerak yang berfokus pada sistem muskuloskeletal dan neuromuskuler," pungkas Mahendra. (Yusuf/Humas)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -Dalam menarik minat turis asing yang beragama Islam, praktik wisata ....

Suara Muhammadiyah

11 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (26/12) Tanggapi masifnya kejadian bencana alam dan bencana kemanus....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Mengantisipasi kenaikan harga beras menjelang bulan suci Ramadan....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menyandang akreditas....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Ngampilan gelar resepsi Milad Aisyiy....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah