Walikota Medan Ajak Muhammadiyah Kembangkan Program Masjid Mandiri

Publish

4 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
254
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Walikota Medan menyerahkan donasi sebesar Rp 50 Juta untuk melanjutkan renovasi Masjid Taqwa Muhammadiyah, Ranting Bandar Selamat, Cabang Medan Tembung. Bantuan dari Pemko Medan itu diserahkan bersamaan dengan kegiaran Safari Jumat Pemko Medan, ke masjid Muhammadiyah yang berlokasi di Jalan Letda Sujono, Medan itu, Jumat (3/11).

Safari Jumat menjadi agenda rutin Pemko Medan untuk lebih menyerap aspirasi masyarakat dan mendorong terbangunnya program Masjid Mandiri di Kota Medan. Hadir pada kegiatan Safari Jumat itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan, Alban S.Pd, Ketua PCM Medan Tembung H. Aswan Lubis, Ketua PC Aisyiyah Yuharni Lubis dan pimpinan dari beberapa instansi pemerintahan di Pemko Medan.

Selain menyerahan bantuan uang sebesar Rp 50 Juta, Bobby Afif Nasution juga menyerahkan bantuan lain seperti bantuan untuk ketahanan pangan sebesar Rp 10 Juta,  satu gerobak jualan untuk  pengembangan UMKM, satu perangkat alat olahraga untuk pembinaan Angkatan Muda Muhammadiyah, pelayanan kesehatan dan surat izin untuk pendirian koperasi masjid.

Masjid Mandiri

Bobby Afif Nasution sangat memberi perhatian pada kesejahteraan masyarakat di lingkungan masjid. Kata Bobby, konsep Masjid Mandiri adalah upaya agar masyarakat disekitar masjid bisa dibantu dan digerakkan kondisi perekonomiannya. Seperti dijaman rasulullah, di mana masjid selain menjadi pusat dakwah juga menjadi pusat perkonomian. Ekonomi Islam di Madinah, dikembangkan dari Medan. ” Saya berharap agar masjid menjadi penggerak kesejahteraan umat,” jelas Bobby Afif yang menyebut dirinya masih keluarga Muhammadiyah.

Walikota Medan Bobby Afif Nasution memang pernah bersekolah dan tammah di salah satu SD Muhammadiyah di Pontianak, Kalimantan Barat. Ia bersekolah di sana ketika orangtuanya menjadi pimpinan salah satu perusahaan perkebunan di sana. Di Medan, Bobby sering berkunjung ke amal usaha Muhammadiyah. Sebelum ini, Bobby juga hadir melalui kegiatan Safari Jumat di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Pulau Harapan.

Beras Subuh

Ketua PCM Medan Tembung, H. Aswin Lubis menyampaikan apresiasi atas kunjungan Walikota Medan Bobby Afif Naution di Masjid Taqwa Muhammadiyah. Aswan juga memberi apresiasi atas program Masjid Mandiri yang digaungkan Bobby untuk meningkatkan kesejahteraan umat, khususnya disekitar masjid.

Aswan Lubis, untuk mendorong kesejahteraan umat, Muhammadiyah Bandar Selamat telah mencoba melakukan pimpinan dana segar kepada jamaah dengan besaran Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Dana sebesar itu digulirkan agar masyarakat tidak terjerat rentenir atau pinjaman online (pijol).  PRM Bandar Selamat lewat program Subuh Berjamaah menyediakan bantuan beras untuk jamaah yang membutuhkan. ” Setiap subuh, jamaah dipersilahkan mengambil beras yang sudah tersedia sebanyak 1 Kg untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka pagi itu,” jelas Aswan.

Gerakan Jamaah Subuh dan Beras Subuh memberikan banyak bantuan kepada masyarakat. Jumlah jamaah subuh di masjid Taqwa  Bandar Selamat pun mengalami kenaikan.

Diharapkan dengan diberikannya izin operasional koperasi oleh Pemko Medan, PR Muhammadiyah Bandar Selamat dapat memanfaatnya dalam pengembangan usaha ekonomi berbasis masjid. (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah - Lazismu resmi meluncurkan program Ramadhan 1445 H. Acara ini juga dike....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lebih dari lima ratus mahasiswa  dan masyarakat umum menghadir....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhamma....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

BANGKOK, Suara Muhammadiyah - Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) turut serta....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat Prof Dr H Ahmad D....

Suara Muhammadiyah

10 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah