Bentuk Kemandirian Siswa, Kafilah HW SMP Muhidan Adakan Kemah Akhirussanah

Publish

1 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
391
Doc. SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

Doc. SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kafilah SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, Sleman menyelenggarakan Kemah Akhirussanah tahun 2024 dengan mengusung tema “Membangun Semangat Jiwa Kepemimpinan dan Kemandirian Hizbul Wathan”. Kemah ini dilaksanakan pada Rabu– Jumat, 28 Febriari – 01 Maret 2024 dan bertempat di Desa Wisata Dewi Tinalah Samigaluh Kulon Progo. Diikuti oleh semua siswa kelas VII dan VIII dengan jumlah total kurang lebih 120 Siswa.

Kegiatan ini merupakan tanda berakhirnya ekstrakulikuler pada semester satu sekaligus menjadi ajang evaluasi selama satu semester untuk mengukur sejauh mana siswa dan siswi memahami kepanduan yang sudah diajarkan di sekolah.

“Kegiatan ini sifatnya mengulang saja misalnya ketika esktra HW diajarkan tali-temali maka ketika di kemah ini sisiwa mengaplikasikan langsung apa yang pernah diajarkan contohnya  mendirikan tenda, membuat tiang bendera, pioneering dan lain – lain” ungkap Sudarmono Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, Sleman.

Selain sebagai ajang evaluasi, Sudarmono menyebut bahwa kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang untuk membentuk dan melatih kemandirian siswa survive hidup di alam terbuka sekaligus melatih siswa untuk bisa bertahan hidup dalam keadaaan darurat.

Sudarmono juga mengungkapkan bahwa kemah itu terbagi menjadi dua yaitu kemah prestasi dan kemah akhirussanah. Kemah prestasi adalah kemah yang lakukan oleh beberapa kabilah sebagai ajang kompetisi ketrampilan sedangkan kemah akhirussanah adalah kemah sebagai tanda berakhirnya ekstrakulikuler sisiwa di sekolah.

Kegiatan ini bejalan dengan lancar walau sempat di guyur dengan air hujan ketika awal dalam mendirikan tenda. “Diharapkan pasca kegiatan ini sisiwa bisa meningkatkan kemampuan teamwork dan juga kepekaan terhadapap kepedulian sosial,” ujarnya.

Adapun rangkain acara kemah di antaranya bangun desa, siswa mendirikan tenda di sekitar lokasi, tracking malam untuk melatih mentalitas siswa, games, pentas seni siswa dan juga tadabbbur alam ke embung yang ada disekitar lokasi kemah. (Wicak/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Jakarta telah menginovasi obat kumur pr....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat ke....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai gerakan Islam yang memiliki misi dakwah dan tajdid, Perguru....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Pada Ahad, tanggal 17 Maret 2024, sebuah acara yang tak kalah meriah....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah