Dosen UM Surabaya Raih Hibah Riset dan Inovasi BRIN

Publish

30 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
229
Dosen UM Surabaya yang Meraih Hibah dan Riset dan Inovasi BRIN

Dosen UM Surabaya yang Meraih Hibah dan Riset dan Inovasi BRIN

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Berdasarkan Surat Keputusan Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Nomor:37/II.7/HK/2023 Tentang Penerima Program Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Gelombang 4.

Salah satu proposal yang lolos didanai selama dua tahun oleh BRIN adalah proposal Tim Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya, berjudul riset "Pengembangan Model Deradikalisasi Berbasis Karakter Moderasi dan Pemberdayaan Ekonomi Pada Napi Mantan Teroris/NAPITER (Studi Kasus Di Yayasan Lingkar Perdamaian/YLP Di Desa Tenggulun Solokuro Lamongan)".

Dengan tim riset terdiri dari: Dr. Sholikhul Huda, SHI, M.Fil.I (Ketua Tim Riset). Dr. Sholikh adalah Dosen Filsafat Islam Prodi Studi Agama Agama FAI UMSurabaya, Dosen Islamic Studies Pascasarjana UM Surabaya, Sekretaris Direktur Pascasarjana UMSurabaya, Anggota Pusat Asosiasi Studi Agama Indonesia (ASAI), Direktur InSID for Research and Humanity (IRH) dan Peneliti Utama di Pusat Pengkajian-Pengembangan Masyarakat Islam (P3MI) Pascasarjana UMSurabaya.

Dr. Warsidi, MM, (Anggota Tim Riset) adalah Dosen Keuangan Syariah Pascasarjana UMSurabaya, Kaprodi S2 Hukum Ekonomi Syariah (HES), Peneliti utama dan Pakar Keuangan Syariah di Pusat Pengkajian-Pengembangan Masyarakat Islam (P3MI) Pascasarjana UMSurabaya.

Dr. Hambal Shofwan, MPd.I (Anggota Tim Riset) adalah Dosen Pendidikan Islam Pascasarjana UMSurabaya, Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian-Pengembangan Masyarakat Islam (P3MI) Pascasarjana UMSurabaya, Pakar Pendidikan Islam dan Pengurus di Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP).

Menurut Dr. Sholikh (Ketua Tim Riset & Sekretaris Direktur Pascasarjana UMSurabaya) latar dari riset tersebut berangkat dari problem aksi gerakan radikalisme terorisme yang marak terjadi Indonesia. Aksi tersebut berdampak pada situasi ketakutan dan ketidakamanan yang terjadi dikalangan masyarakat dan jika dibiarkan dapat menuju disintegrasi bangsa Indonesia.

Sehingga menjadikan pemerintah Indonesia membuat lembaga Badan Nasional Pencegahan Teroris (BNPT) yang fokus dan berfungsi untuk program pencegahan dan penangan terhadap pelaku teror di Indonesia.

Selain pemerintah, ada juga sebagian kelompok masyarakat ikut membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan aksi terorisme dengan mendirikan sebuah lembaga Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) yang bermarkas di Desa Tenggulun Solokuro Lamongan.

Lembaga ini didirikan oleh Dr. Ali Fauzi, M.Pd.I mantan aktivis Jamaah Islamiyah (JI) dan adik dari trio bomber Indonesia (Amrozi, Ali Ghufron, Ali Imron). Lembaga ini bertujuan untuk menampung, membina dan memperdayakan para mantan napi teroris dan keluarga yang sudah sadar dan tobat untuk hidup normal kembali di tengah masyarakat.

Pola yang dilakukan oleh lembaga dalam kerja deradikalisasi adalah dengan penguatan ideologi moderasi dan pemberdayaan ekonomi bagi para mantan napi teroris. Pola ini ternyata mendapat respon bagus bagi para mantan teroris, sehingga dari latar ini kemudian peneliti tertarik untuk meriset lebih dalam bagaimana pola deradikalisasi kepada mantan teroris berbasis penguatan ideologi moderat dan pemberdayaan ekonomi.

Sehingga hasil dari riset ini akan dijadikan dalam bentuk artikel dan buku. Hal ini agar dapat dijadikan sumber rujukan dan dapat dijadikan prototipe dalam program deradikalisasi berbasis masyarakat.

Sebab selama ini ada opini negatif terkait pola-pola deradikalisasi yang dilakukan oleh pemerintah. Bahkan sering terjadi adalah adanya dendam dari keluarga yang dianggap teroris. Maka menjadi penting kalau kemudian melibatkan peran masyarakat yang punya kepedulian terhadap persoalan terorisme di Indonesia. Atau saya sebut dengan istilah "Deradikalisasi Semesta".

Dari sini makna penting dan posisi strategis dari riset yang akan dilakukan oleh Tim Riset Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya yang di Danai oleh Badan Riset Inovasi Indonesia (BRIN).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) F....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah – Belum lama ini Muhammadiyah menerima Penghargaan Zayed Award fo....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Untuk mengembangkan olahraga di komunitas, Lembaga Pengembangan Ola....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah  Cabang PCM dan PCA Ngawen ke-VI periode Muktamar ke-48....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

Bertekad Miliki Daya Saing Internasional Mengkaji Etics and Digital Governance MAKASSAR, Suara Muha....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah