Edukasi Penyakit Degeneratif dan Penggunaan Obat yang Benar pada Lansia

Publish

1 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
160
Istimewa

Istimewa

BALAPULANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penyakit degeneratif dan penggunaan obat yang benar pada lansia di Desa Kalibakung, Apt. Nur Yuliasih, S.Si., M.Sc., sebagai narasumber, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Lansia Desa Kalibakung menjadi sasaran utama kegiatan ini.

Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Kepala Desa Kalibakung, Mujiono, ST.MH. Beliau menyampaikan pesan kepada para lansia untuk selalu menjaga kesehatan di usia yang sudah tidak muda lagi dengan mengadopsi kebiasaan hidup sehat. Beliau juga mendorong agar para lansia memanfaatkan fasilitas yang ada di desa untuk berolahraga. Kepala Desa juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan kolaborasi antara STIKes Muhammadiyah Tegal dan UHAMKA.

Kegiatan dilanjutkan dengan skrining kesehatan para lansia oleh tenaga kesehatan dari RSI PKU Muhammadiyah Tegal. Hasil skrining menunjukkan bahwa sejumlah lansia memiliki tekanan darah tinggi, beberapa di antaranya memiliki riwayat hipertensi, dan sebagian menunjukkan gejala-gejala diabetes melitus.

Apt. Nur Yuliasih kemudian menyampaikan materi yang mencakup pengertian penyakit degeneratif, berbagai macam penyakit degeneratif, dan penggunaan obat penyakit degeneratif secara rasional. Narasumber memberikan penekanan pada pentingnya pemahaman yang baik terkait obat-obatan yang dikonsumsi oleh para lansia agar dapat mengelola kesehatan mereka dengan optimal.

Tujuan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah agar para lansia di Desa Kalibakung senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan taraf kesehatan mereka melalui penggunaan obat yang benar. Melalui pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan para lansia dapat melakukan upaya pencegahan dan pengelolaan penyakit degeneratif dengan lebih baik, sehingga kualitas hidup mereka dapat ditingkatkan.(Hendra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Assoc. Prof. D....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

Sinergi KBIHU  ‘Aisyiyah bersama LPHU PDM Kota Yogyakarta  YOGYAKARTA, Suara Muhamm....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

BATAM, Suara Muhammadiyah - Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Muhammadiyah Batam menerima kunjun....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan (PERSADA) UAD menggelar Train....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah