Hubungan Baik Antara UMM dengan Media Perlu Terus Dijaga

Publish

28 March 2024
UMM

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
70
Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si memberikan sambutan di depan awak media dalam acara buka puasa bersama (27/3).

Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si memberikan sambutan di depan awak media dalam acara buka puasa bersama (27/3).

MALANG, Suara Muhammadiyah - Menjalin hubungan dengan berbagai awak media sudah dilakukan UMM sejak 27 tahun silam saat kepemimpinan Kampus Putih dipegang Muhadjir Effendi yang saat ini menjabat sebagai Menko PMK RI. Meski dalam rentang waktu yang cukup panjang dan kepemimpinan silih berganti, hubungan antara UMM dengan berbagai media bisa disebut sangat baik. Hal ini terlihat dari antusiasme berbagai media baik lokal maupun nasional yang hadir dalam acara buka puasa bersama yang berlangsung di Aula BAU UMM (27/3).

Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. mengatakan bahwa hubungan antara UMM dengan media adalah hubungan yang murni, bukan by design atau dibuat-buat. Adapun tradisi kumpul dan buka puasa bersama dengan media sudah berlangsung sejak tahun 1997 saat Muhadjir Effendy menjadi sebagai rektor. 

“Interaksi dan kohesi sosial seperti ini tentu akan menarik bila berjalan di luar alam sadar karena banyak berkaitan denan kehidupan kemanusiaan. Maka, tradisi baik seperti ini memang perlu kita lanjutkan bersama,” tambahnya. 

Menurutnya, UMM dan awak media juga sudah terasa dekat dan menjalankan hubungan secara ikhlas dan tidak disetting. Artinya, keduanya telah melaksanakan aktivitas jurnalistik yang berimbang, check and balance. Ketika UMM kurang balance, maka perlu upaya untuk kembali membuatnya balance. Begitupun dengan berita dari media yang harus selaku dilakukan check agar lebih lengkap. 

Nazar menegaskan bahwa hal penting lain yang perlu ditekankan adalah bagaimana cara menyerap berbagai informasi yang diproduksi mediam terutama media mainstream yang masih eksis. UMM harus bisa mendorong kebiasaan untuk tekun membaca. Khususnya media cetak dan mainstream. Bahkan sampaai saat ini UMM masih berlangganan koran yang cukup lengkap. 

“Setiap pagi, di meja kami ada enam hingga tujuh media. Hampir seluruh terbitan yang masih eksis di Indonesia kami baca,” jelasnya. 

Ia juga sempat menjelaskan tentang John Naisbitt, penulis buku best seller Mindset dan Megatrends. Bagaimana Naisbitt mampu melihat dan memproyeksikan keadaan dunia dalam lima, sepuluh, bahkan 20 tahun yang akan datang. Maka, UMM juga berupaya untuk membangun ekosistem yang mampu membawa masa depan menjadi lebih baik. Beberapa di antaranya adalah ekosistem media jurnalsitik, pers, perbukuan, keuangan dan bisnis, serta lainnya. 

“Dengan begitu, kita bisa melihat lebih jelas apa yang akan dihadapi oleh manusia di masa depan. Kita bisa menata langkah dan memberikan solusi untuk masyarakat. Dengan ‘gizi’ yang diberikan oleh media dan pers, kita bisa mencari tahu bagaimana masa depan itu harus dibuat dan diddesain,” ungkapnya. 

Di sisi lain, salah satu wartawan senior Taufik mengatakan bahwa buka bersama ini juga momen silaturahmi yang strategis dengan UMM. Apalagi selama ini, tim UMM rutin menyediakan dua hingga tiga rilis berita menarik setiap hari yang memberikan informasi baru bagi awak media. 

“Kualitas tulisan-tulisan dari UMM, baik rilis berita maupun opini, jadi salah satu yang paling bagus dan mudah dinaikkan. Tidak perlu banyak diedit dan bagus,” pungkasnya. (diko)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Bencana alam terjadi dimana saja dan kapan saja secara tak terdu....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) Kafilah Sarbini STIE Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Tim Garudarobo dari SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) merai....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo melaks....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Istri Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh yang juga Ketua Dharmayukt....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah