Japan Islamic Trust Berikan Muhammadiyah Lahan untuk Bangun Sekolah di Tokyo

Publish

1 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
307
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

Selamatkan 90% Anak Muslim dari Kehilangan Identitas Kemusliman

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Japan Islamic Trust (JIT) mengumumkan inisiatif besar-besaran dengan menyediakan lahan di Tokyo untuk pembangunan sekolah Muhammadiyah, sebagai upaya menyelamatkan 90% anak Muslim di Jepang dari kehilangan identitas kemusliman. Langkah ini diumumkan dalam pertemuan silaturahim antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan perwakilan JIT pada Selasa (21/11).

Sekretaris Jenderal JIT, Harun Quraisyi, dan Mrs. Satomi Ogata, menyambut hangat oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas, dan Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Alpha Amirrachman. Alpha Amirrachman mengungkapkan rencana JIT untuk mendonasikan sebidang tanah di Tokyo guna mendirikan sekolah Muhammadiyah.

"Beliau (JIT) berencana untuk membangun kolaborasi, salah satunya adalah akan mendonasikan sebidang tanah di Tokyo untuk membangun sekolah Muhammadiyah," ujar Alpha Amirrachman.

Keputusan JIT ini muncul berdasarkan riset yang menunjukkan bahwa 90% anak Muslim di Jepang kehilangan identitas kemusliman saat masih bersekolah. Saat ini, hanya ada enam sekolah berbasis Islam di Jepang. Muhammadiyah dipilih sebagai mitra karena telah diakui secara global sebagai organisasi yang sukses dalam pengelolaan bidang pendidikan, seperti Muhammadiyah Australia College (MAC) di Australia.

Menanggapi hal ini, Harun Quraisyi menyatakan, "Jika pembangunan sekolah Islam ini berhasil, peluang mendirikan universitas Islam di Jepang sangat potensial." JIT, yang saat ini memiliki masjid di Otsuka, sangat menantikan sambutan hangat dari Persyarikatan Muhammadiyah.

Japan Islamic Trust, yang didirikan pada 17 Februari 1994, merupakan organisasi nirlaba yang terdaftar sebagai cabang perusahaan berbasis agama dari Japan Islamic Cultural Center sejak 1997. Langkah ini diharapkan dapat memperkukuh hubungan antara Jepang dan komunitas Muslim, serta memperkuat identitas kemusliman anak-anak di Jepang. (Zahra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat Amin Ba....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Ada yang istimewa dalam Upacara SD Muhammadiyah Condongcatur, Sen....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kepengurusan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Qobilah dan Kafilah ....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Program Khusus Kartasura Suk....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah –  Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan melalui Wakil Kepala Sekolah....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah