Kolokium Doktoral FISIP UMM Soroti Kualitas Pelayanan Publik

Publish

31 October 2023
UMM

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
204
Seminar dan Kolokium Doktoral UMM

Seminar dan Kolokium Doktoral UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Saat ini, diperlukan keterampilan yang baik agar terwujud kualitas pelayanan publik yang baik pula. Hal itu juga dibahas dalam Seminar dan Kolokium Doktoral yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kolokium itu membahas terkait “Kontribusi Penelitian Sosial-Politik Pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik”. 

Satu faktor yang paling berpengaruh dalam peningkatan pelayanan adalah komunikasi interpersonal. Dr. Farid Rusman M.Si. mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi interpersonal. Misalnya terkait dengan bagaimana orang lain ingin mengenal kita. Mengetahui tujuan dan status diri dapat mempermudah orang lain menempatkan dirinya saat berbicara atau berkomunikasi dengan diri kita. 

“Sejauh ini, saya melihat bahwa tesis terkait komunikasi interpersonal kurang banyak diminati. Padahal komunukasi jenis ini selalu kita alami tanpa disadari,” katanya. 

Lebih lanjut, Farid menilai bahwa teknik komunikasi interpersonal dapat meningkatkan kualitas layanan publik. Hal itu karena komunikasi ini dapat divariasikan dalam berbagai bentuk, seperti misalnya hubungan baik pasangan, pertemanan, dan keluarga. Bahkan bisa juga dihubungkan dengan politik, bisnis, dan pemasaran. 

Sementara itu, Dr. Sulismadi, M.Si. juga menambahkan bahwa dalam peningkatan pelayanan publik, perlu adanya pencegahan konflik. Ia menilai bahwa biasanya di dalam hubungan industrial terdapat berbagai kepentingan yang diinginkan. Hal itu berefek pada sinergisitas stakeholder dengan organisasi, mitra, dan masyarakat. 

“Dalam menyelesaikan konflik, perlu adanya negosiasi yang baik agar tercipta mediasi. Kemudian juga melahirkan konsoliasi dan arbitrase sehingga munculnya ajudikasi,” Ucapnya. 

Dalam membangun industri yang baik, perlu juga hubungan yang harmonis, dinamis dan adil. Dengan begtu, faktor-faktor yang bisa menyebabkan perselisihan bisa dihindari. “Saya meyakini bahwa resolusi konflik itu diperlukan agar pembangunan industri dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. 

Turut hadir Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. Ia berpendapat bahwa peningkatan pelayanan publik adalah privilese yang dimiliki masyarakat. Tentu diperlukan pengerak awal sehingga bsia mewujudkan tujuan tersebut. Generasi muda UMM yang dibekali berbagai ilmu dan kecakapan. Salah satunya yakni mampu menjadi fasilitator untuk peningkatan pelayanan publik. 

“Universitas selalu berevolusi agar bisa melahirkan karakteristik yang baik. Mengingat bahwa fungsinya adalah menjadi penyangga utama perubahan pemikiran masyarakat yang terbelakang menjadi relatif terdidik. UMM telah memfasilitasi sivitas akademika, termasuk mahasiswa untuk bisa berkembang. Sehingga mampu mewujudkan kualitas terbaik dan mimpi Indonesia dapat terwujud,” pungkasnya. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekolah adalah lingkungan pendidikan baik pendidikan formal maupu....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menyambut pergantian tahun, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan eve....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Menyongsong tahun baru 2024, gerak capat di lakukan oleh manajemen Ba....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Kolaborasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil mer....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

PINRANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pinrang Barat Kabupaten Pinrang yan....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah