LPO PDM Bantul : “Budayakan Olahraga Jalan Santai”

Publish

11 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
208
Suasana Jalan Sehat Muhammadiyah Bantul pada semarak Muktamar

Suasana Jalan Sehat Muhammadiyah Bantul pada semarak Muktamar

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Hari Bermuhammadiyah akan digelar oleh PDM Bantul dengan kegiatan jalan sehat. Even akan dilaksanakan Ahad pagi (12/11/23) di Alun-alun Paseban Bantul. 

Kegiatan ini digelar untuk memeriahkan Milad ke-111 Muhammadiyah. Selain bermanfaat untuk kebugaran raga, jalan sehat dapat meningkatkan kebahagiaan jiwa karena bersifat rekreatif dan silaturahmi. 

Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) PDM Bantul mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini. Lebih lanjut Wakil Ketua 1 LPO PDM Bantul Firdhana Wahyu Putra, S.Pd., M.Pd, AIFO-P, berharap masyarakat setelah mengikuti jalan sehat ini terinspirasi untuk rutin berolahraga jalan santai. 

Jalan santai merupakan salah satu olahraga rekreasi yang bagus untuk dilakukan setiap hari. Firdhana menjelaskan, sederet manfaat akan dirasakan seseorang yang secara teratur dan terukur berolahraga jalan santai. 

Manfaat itu antara lain membakar kalori, memperkuat jantung, memperkuat tulang dan sendi, meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dan memperkuat otot kaki.

Menurut UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, ada 3 jenis olahraga menurut fungsi dan manfaatnya, yaitu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi. “Olahraga rekreasi adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan,” tandas Firdhana.

Untuk memperoleh manfaat secara optimal, menurut Firdhana olahraga jalan santai dilakukan dengan program latihan rutin 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 hingga 60 menit. Untuk olahraga rekreasi, intensitas Denyut Nadi Maksimal (DNM) bermain di antara 60%-80% DNM yang dapat dihitung dengan rumus 220-Usia (100% DNM).

Komunitas JalanMU

Rutinitas olahraga jalan santai akan terasa berat dan malas bila dilakukan sendirian, maka Firdhana menganjurkan agar masyarakat membentu komunitas olahraga jalan santai. Warga Muhammadiyah bisa menginiasiasi membentuk komunitas “JalanMu”, tidak perlu dalam skala luas bisa komunitas berbasis keluarga.

“Taruhlah kakek nenek dengan putra-putri menantu cucu rutin jalan santai dalam komunitas keluarganya itu keren banget,” ungkap Firdhana. Apabila secara sporadis komunitas “JalanMu” beraktivitas rutin menurut Firdhana akan mengispirasi masyarakat dan ditiru sebagai praktik baik memelihara Kesehatan dan kebugaran. 

“Di sinilah peran Muhammadiyah sebagai role model dalam membudayakan olahraga masyarakat, guna melengkapi eksistensi Rumah Sakit PKU yang telah seabad lebih menjadi garda persyarikatan dalam melayani Kesehatan bangsa ini,” jelasnya.

Olahraga Masyarakat Serentak 19 November 2023

Firdhana juga mengungkapkan salah satu rekomendasi Rakernas LPO PP Muhammadiyah adalah melaksanakan aktivitas olahraga masyarakat secara serentak pada tanggal 19 November 2023 di seluruh Indonesia dan luar negeri. “Olahraga serentak ini digelar dalam rangka memeriahkan Milad ke-111 Muhammadiyah,” jelasnya.

Oleh karena itu LPO PDM Bantul menyerukan ke seluruh warga Muhammadiyah di Bantul, pada tanggal 19 November 2023 untuk berolahraga sesuai kegemarannya. “Olahraga ini bisa dilakukan bersama keluarga, tetangga, jamaah, ranting, maupun cabang,” ungkap Firdhana. 

Firdhana menjelaskan bentuk olahraganya bebas, bisa jalan santai, bersepeda/gowes, jogging, senam, bahkan futsal juga boleh. Prinsipnya aktivitas ini dilakukan dengan riang gembira dan didokumentasikan kemudian diunggah di media social pribadi, keluarga, ranting, cabang agar ada syiar bahwa Muhammdiyah itu besar dan banyak. 

Firdhana menghimbau video pendek yang diunggah di media social disertai ucapan Milad ke-111 Muhammadiyah, dan disertai yel-yel “Bersama Muhammadiyah – Indonesia Sehat Bugar Gembira Berkemajuan”. “Selain kita sukseskan jalan sehat pada 12 November 2023, LPO PDM Bantul berharap seluruh warga Muhammadiyah Bantul berolahraga serentak pada tanggal 19 November 2023,” ungkap Firdhana. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang UMKM, Pemberdayaan Masyarakat....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur (PCM) dan BTM Taqwa Kota Kis....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim mahasiswa Program studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Cabang (Musycab) Muhammadiyah Simpang Empat dilaksanak....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kupang, Nusa Tenggara Timur, menjalin kemitraa....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah