Mulai Hari ini Nazaruddin Malik Resmi Pimpin UMM

Publish

1 February 2024
UMM

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
UMM

UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Nazaruddin Malik resmi memimpin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai rektor definitif untuk periode 2024-2028. Hal ini berdasarkan surat keputusan (SK) pengangkatan rektor UMM yang sudah ditandatangani Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. Nazaruddin akan mengawali kiprahnya sebagai rektor per 1 Februari 2024 sesuai SK pengangkatan Nomor 7/KEP/I.0/2024. 

Menanggapi hal tersebut Nazaruddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran civitas akademika UMM, Senat Universitas, Badan Pembina Harian (BPH), dan PWM Jawa Timur atas terselenggaranya proses pemilihan rektor yang lancar dan elegan. Demikian juga kepada PP Muhammadiyah melalui ketua umum dan jajaran PP Muhammadiyah lainnya. 

“Semoga saya selalu diberikan kesehatan dan kekuatan menjalankan amanah yang sangat besar ini. Mohon doa dan dukungan kerja kolektif dari seluruh elemen yang ada di kampus. Seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa untuk bisa saling bahu membahu menuju UMM yang lebih baik,” katanya menambahkan. 

Menurutnya, kebesaran kampus UMM tak lepas dari kepemimpinan para pendahulu yang sudah bekerja ikhlas dan keras. Maka, berbagai program yang baik akan dilanjutkan dengan sentuhan inovasi baru agar UMM semakin besar dan berkembang. “Semoga Allah SWT terus memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua,” harapnya. 

Sebelumnya, UMM telah melakukan berbagai proses dalam upaya pemilihan rektor. Diawali dengan pemilihan dan penetapan organ senat UMM. Kemudian dilanjutkan pembentukan panitia pemilihan rektor periode 2024-2028. Langkah selanjutnya yakni sosialisasi dan penjaringan di tiap-tiap fakultas yang memunculkan nama-nama calon kandidat. Dari situ muncul nama-nama yang bisa dijaring oleh masing-masing fakultas. Ada lebih dari 14 calon nama yang terjaring. 

Verifikasi calon kandidat juga dilakukan untuk memastikan semua calon telah memenuhi berbagai syarat. Kemudian para senat melakukan pertimbangan, pemilihan, serta penetapan calon rektor Kampus Putih. Berdasarkan data hasil penjaringan, Nazar mendapatkan jumlah pengusul mayoritas, yakni diusulkan oleh 11 fakultas. Sementara nama-nama di posisi dua dan tiga, masing-masing hanya mendapatkan tiga dan dua pengusul. 

Dari hasil itu, para senat dan peserta setuju serta akhirnya menetapkan Nazar untuk diusulkan ke PP Muhamamdiyah menjadi rektor UMM yang terpilih secara aklamasi.  Sambil menunggu seremonmial pelantikan oleh Ketum PP Muhammadiyah, Nazarudin Malik sudah resmi menjadi rektor yang dapat menjalankan roda kepeminpinan UMM untuk 4 tahun mendatang. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah sukses menyeenggarakan Baitul Arqam (BA) pertama di Melbour....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa yang tergabung dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Unive....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Rumah sakit merupakan salah satu tempat layanan publik, salah sa....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Tim Program Dahlan Muda Mengabdi IMM FTI UAD resmi diterjunkan pada Rab....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

SINJAI, Suara Muhammadiyah - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa berharap, peran majelis-lembaga ....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah