PCA Kartasura Mengadakan Konsolidasi Organisasi

Publish

11 March 2024
pda

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
151
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) kecamatan Kartasura, Sukoharjo mengadakan  kegiatan konsolidasi organisasi pada Sabtu, 9 Maret 2024 di  Ruang Seminar Gedung Siti Walidah  Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh  PCA Kartasura dan perwakilan dari Pimpinan Ranting Aisyiyah di seluruh cabang Kartasura. 

Menurut sekretaris PCA Kartasura, Dr. Main Sufanti, M.Hum.  tema kegiatan ini adalah “Konsolidasi Organisasi dalam Mewujudkan Aisyiyah Kartasura Berkemajuan”. Dengan tema ini diharapkan kegiatan ini dapat memperteguh  pemahaman para anggota Aisyiyah tentang ideologi Muhammadiyah dan Aisyiyah  yang menjadi dasar dalam berkiprah seluruh anggota Aisyiyah Kartasura.  

Acara dimulai dengan membaca ayat suci Al Quran dan menyanyikan Lagi Kebangsaan Indonesia Raya, sang Surya, dan Mars Aisyiyah. Suasana sangat khitmat saat dibacakan ayat suci Al Quran, semua anggota menyimak dengan cermat. Suasana berubah semangat saat  menyanyikan lagu kebangsaan dan mars. 

Ketua PCA Kartasura, Warits Luqmanatun Hakimah, S. Ag. dalam sambutannya menyatakan bahwa konsolidasi organisasi untuk seluruh anggota bertujuan untuk menyelaraskan mekanisme kerja di Aisyiyah agar sesuai dengan AD/ART. Selain itu, konsolidasi  sebagai ajang evaluasi bagi semua Badan Pembantu Pimpinan (BPP) dalam berkegiatan setelah dilakukan pengukuhan beberapa waktu yang lalu. 

Pada kesempatan ini, ketua PCA  Kartasura mengecek kehadiran dari semua BPP dan perwakilan dari semua ranting.  Setelah itu, memberi dorongan kepada semua anggota Aisyiyah agar semangat dalam bergerak. “Mari kita bersyukur, karena PCA Kartasura itu kaya dan banyak prestasi. Mari kita kembangkan dengan baik”,  begitulah ajakannya. Ketua PCA juga menyampaikan bahwa ada rencana besar yang perlu didukung oleh semua anggota yaitu mendirikan SD Aisyiyah di Kartasura.   

Di akhir sambutannya, dirinya sampaikan rasa syukur Alhamdulillah, karena  beberapa majlis telah  menyelenggarakan kegiatan.  Diharapkan semua BPP segera bergerak merealisasikan program-programnya. 

Dalam rangka  memperteguh ideologi Muhammadiyah  dan Aisyiyah bagi PCA Kartasura, kegiatan ini mengahdirkan nara sumber handal dari Muhammadiyah dan Aisyiyah. yang diharapkan dapat memberi inspirasi dan motivasi para anggota Aisyiyah dalam berjuang.  

Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd. sebagai nara sumber pada kegiatan ini didampingi oleh moderator Ismokoweni, SE, M.M. Nara sumber dari Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Sukoharjo ini  di awal paparannya menyatakan bahwa di dalam kegiatan Aisyiyah tidak boleh baper, karena anggota Aisyiyah itu bermacam-macam. Semua anggota Aisyiyah harus selalu melakukan gerakan, sehingga semua anggota secara individu mulai tergerak, bergerak, dan selanjutnya  menggerakkan

Selanjutnya, disampaikan bahwa salah satu program kerja Aisyiyah adalah penguatan posisi Aisyiyah  baik nasional, wilayah, daerah,. cabang atau ranting. Kita mengikuti Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang memiliki fokus dengan langkah 3J (jamaah, jamiyah, dan jariyah). 

Konsolidasi ini juga menghadirkan tokoh Muhammadiyah, Prof. Dr. Harun, S.H., M.Hum.  Sesi ini, nara sumber didampingi oleh moderator Dr. Main Sufanti, M.Hum.    “Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang berdasarkan Al Quran dan As Sunnah, untuk mengajak masyarakat hidup berdasarkan tauhid, bersosial, berorganisasi, beramar makruf nahi munkar, berjuang menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari”, begitulah  nara sumber mengawali paparannya.  

Selanjutnya, dipaparkan dan diskusi tentang 7 pokok pikiran Muqodimah AD Muhammadiyah yaitu: (1) Hidup manusia harus bertauhid kepada Allah; (2) Hidup manusia harus bermasyarakat. (3) Hanya hukum Allah satu-satunya hukum yang dapat dijadikan sendi. (4) Berjuang menegakkan dan emnjunjung tinggi agama Islam. (5) Berjuang menegakkan dan menjunjung Tinggi agama Islam, (6) Perjuangan mewujudkan maksud dan tujuan harus dengan cara nberorganbisasi. (7) Seluruh perjuangan menuju tujuan terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. (Main Sufanti)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Di tengah langit biru yang membentang di atas Pusat Pendidikan dan Pelati....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat (MPM PP) Muhamm....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Masjid Walidah Dahlan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), men....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) menggelar Grand Opening/Launchi....

Suara Muhammadiyah

3 November 2023

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah silaturahmi ke Pimpinan Dae....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah