Perkuat Jamaah, PCM Siwalan Gelar Pengajian Kliwon Perdana Pasca Pengukuhan

Publish

6 October 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
264
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Siwalan mengadakan pengajian rutin, yang bertempat di Rumah kediaman Bapak Masrur pada 5 Oktober 2023. Kajian ini kali pertama yang diadakan Majelis Tabligh setelah terpilihnya ketua baru PCM Siwalan, Drs Sapuan.

Pada kajian perdananya ini mengangkat tema “Kebaikan muslim : kebanggaan Muhammadiyah, kebanggan bangsa”.

Kajian ini dibuka dengan penampilan Tilawatil quran oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah siiwalan dan dilanjutkan dengan sambutan ketua PCM Siwalan. Adapun yang menjadi narasumber pada pengajian kali ini adalah Drs Pasrum Affandi, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekalongan 2016-2022.

Kyai Pasrum sapaan akrabnya mengatakan bahwa Makna kebahagiaan yaitu mendapat rahmat dan ridha Allah sehingga dijauhkan dari azab pada hari kiamat dan dimasukkan ke dalam surga. Karakteristik orang bahagia dapat dilihat melalui perilakunya, yaitu taat kepada Allah dan Rasul, senang mengajak kepada kebaikan, menghindari diri dari akhlak tercela serta tidak kikir.

Kajian berjalan dengan tenang dan sedikit tawa dari jama’ah karena pembawaan Kyai Haris yang kharismatik dan tidak kaku, sesekali Kyai Pasrum melemparkan candaan kecil dalam tausyiyahnya.

Kyai Pasrum, yang juga berprofesi sebagai guru SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan tersebut juga menyampaikan pesan agar warga Muhammadiyah jika ingin kebaikan, maka Alloh SWT menanamkan pemahaman di hatinya terjadap agama.

"Barangsiapa yang dikehendaki Allah kebaikan padanya, Allah akan memberikan pemahaman di hatinya terhadap agama," tutur Kyai Pasrum.

"Tapi pemahaman terhadap agama tidak dimaknai secara ekslusif, melainkan secara inklusif, berimbang antara urusan dunia dan akhirat," imbuh Kyai Pasrum.

Terakhir, disampaikan dalam penutup, bahwa kebahagiaan dan kebaikan akan menjadi kebanggan, selanjutnya kebanggaan Muhammadiyah akan menjadi kebanggaan bangsa, sehingga muncullah tokoh tokoh bangsa yang lahir dari rahim Muhammadiyah, semoga menjadi tauladan bagi kita semua. (slamen)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Moehi National Competition (MONACO) ke-8 tahun 2023 ditutup, Ahad (1....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah – Memiliki anak yang shalih nan Qurata a’yun tentu merup....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak pelajaran, diantaranya ad....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan momen penting bagi sebuah koperasi....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Al-Kindi Institute Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (P....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah