PKM Green School, Mahasiswa Muhammadiyah Kembangkan Vertical Garden

Publish

11 October 2023
umy

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
272
PKM Green School, Mahasiswa Muhammadiyah Kembangkan Vertical Garden

PKM Green School, Mahasiswa Muhammadiyah Kembangkan Vertical Garden

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Mahasiswa Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM PM) menjalankan pendampingan kepada SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 untuk mewujudkan lingkungan yang hijau, tanaman tertata rapi, bersih dan mewujudkan lingkungan yang sehat. Vertical garden merupakan sebuah terobosan dengan membuat taman yang sifatnya disusun secara vertical agar tersusun rapi. Konsep vertical garden memanfaatkan ruangan yang sempit untuk mewujudkan taman yang indah.

Ketua pelaksana PKM PM Green School, Annisa Hafizah dari jurusan Teknik Elektro UMY menyampaikan “Kegiatan PKM PM Green School dilaksanakan sejak bulan juni sampai saat ini yang merupakan hibah dana dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Syukur Alhamdulillah kami satu tim diberikan amanah untuk menjalankan aksi nyata pendampingan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2. Kali ini kami mewujudkan lingkungan yang bersih, rapi dan hijau dengan menerapkan vertical garden. Mengapa kami menerapkan ini karena di sekolah telah memiliki konsep green school namun perlu kami kembangkan kembali.”

Selain itu Latif Ghozali salah satu anggota dari mahasiswa Ilmu Keperawatan UMY menjelaskan “Fungsi dari vertical garden ini adalah untuk mewujudkan lingkungan yang hijau, bersih dan rapi. Selain itu konsep ini juga akan meningkatkan jumlah kadar oksigen yang diproduksi oleh tanaman, dan mengurangi polusi udara. Latif juga menyampaikan bahwa vertical garden ini memiliki peran yang sangat bagus untuk mengurangi global warming sekaligus mengajarkan ke siswa siswi betapa pentingnya pengurangan global warming dengan aksi nyata.”

Kegiatan PKM PM mengenai vertical garden diawali dengan melakukan kerja bakti bersama guru dan siswa siswi untuk membersihkan lingkungan sekolah. Kerja bakti ini juga menumbuhkan rasa kesadaran dan rasa tanggung jawab kepada siswa siswi untuk menjaga keberihan lingkungan. Untuk mewujudkan vertical garden siswa siswi diajak memanfaatkan limbah botol plastik bekas untuk dijadikan tempat pot bunga. Botol plastik yang sudah dikumpulkan kemudian dibersihkan dari kotoran dengan air dan dikeringkan. Setelah kering botol di potong sesuai dengan kreativitas siswa kemudian diberikan cat agar menarik.

Pada tahap selanjutnya siswa siswi SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 diajak untuk melakukan pengolahan media tanam. Media tanam yang diapaki berupa sekam, tanah dan pupuk kompos. Media tana mini dicampur secara bersamaan dan kemudian dimasukkan kedalam pot yang telah dibuat dari bekas botol air mineral. Setelah siswa menempatkan media tanam kemudian memasukkan tanaman yang telah dipilih kedalam media tanam. Pada tahap akhir siswa secara bersamaan menempatkan pada vertical garden yang telah disiapkan.

Dosen pendamping dalam kegiatan PKM PM Green School, Arif Wahyu Setyo Budi, Ns., M.Kep., Sp.Kep., MB mengungkapkan “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh warga SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 terkhusus untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan hijau. Vertical garden yang memiliki keunggulan untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan bukti aksi nyata mahasiswa dalam mengurangi global warming. Saya berharap tanaman yang sudah di buat oleh mahasiswa bersama guru dan siswa siswi dapat terawatt dengan baik. Tidak hanya itu kelak tanaman ini dapat menjadi media pembelajaran kepada siswa tentang tema menjaga lingkungan dengan konsep vertical garden.(AH)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Hari Rabu, 27 September 2023, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta me....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah berkolaborasi dengan Program INO....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Ke....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 2 Sleman menjadi saksi dari momentum penting dalam org....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berhasil meraih prestasi membanggakan pa....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah