Semai Pengetahuan Kependudukan, Dosen FKM Unimus Terbitkan Buku

Publish

21 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
130
Mifbakhuddin, SKM., MKes, Dosen FKM Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah

Mifbakhuddin, SKM., MKes, Dosen FKM Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), Mifbakhuddin, SKM., MKes berhasil menerbitkan buku referensi berjudul "Referensi Kependudukan dan Kesehatan Masyarakat." Buku setebal 95 halaman ini disusun untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ilmu kependudukan. Yakni sebuah cabang ilmu yang meneliti berbagai aspek terkait jumlah, distribusi, struktur, pertumbuhan, dan karakteristik penduduk.

Dengan memfokuskan pada konsep, teori, dan metodologi dalam ilmu kependudukan, buku ini menyoroti hubungannya dengan perkembangan sosial dan ekonomi. Buku ini terdiri dari 12 bab yang membahas berbagai aspek terkait ilmu kependudukan, mulai dari konsep, teori, dan metodologi, hingga hubungannya dengan perkembangan sosial dan ekonomi.

Aspek-aspek seperti perubahan pola kelahiran, tingkat harapan hidup, migrasi, dan struktur usia penduduk diangkat sebagai kajian utama. Evaluasi dampaknya terhadap sektor-sektor penting seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kebijakan publik menjadi bagian integral dari pembahasan.

Mifbakhuddin mengatakan bahwa buku ini ditulis untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ilmu kependudukan, terutama dalam konteks dinamika masyarakat yang terus berkembang. "Saya berharap buku ini dapat menjadi sumber rujukan yang bermanfaat bagi mahasiswa, peneliti, dosen, akademisi, praktisi, dan pemangku kebijakan di bidang kesehatan masyarakat," katanya pada Rabu (21/2).

Pada saat yang sama, Mifbakhuddin menyebut buku ini ditujukan untuk berbagai pembaca yang tertarik untuk mendalami ilmu kependudukan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Melalui materi yang disajikan, Mifbakhuddin mengharapkan agar para pembaca dapat mengidentifikasi tantangan, peluang, dan kontribusi ilmu kependudukan dalam konteks perencanaan pembangunan secara berkelanjutan. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Senam sehat Milad ke-105 Mu’allimin yang diikuti 3.000 orang pese....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kader (MPK) PW Aisyiyah Sumatera Utara menggelar....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Indonesia Institute for Social Development (IISD) mendorong pemer....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti, ME....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah -  Bendahara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof H Hilman Latief,....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah