Seminar Nasional Zakat UM Buton Bahas Inovasi Sosial

Publish

7 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
104
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BUTON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Buton menggelar Seminar Nasional Zakat dengan tema "Zakat dan Inovasi Sosial, Menuju Pembangunan Berkelanjutan" pada Rabu (6/3). Kerjasama antara Lazismu Sultra dan UM Buton menjadi landasan penyelenggaraan acara ini di Aula Universitas tersebut.

Dalam acara yang berlangsung dengan format panelis, para narasumber terkemuka menghadirkan pandangan tentang pentingnya zakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan:

Gunawan Hidayat, S.T., M.T dari Lazismu PP Muhammadiyah, membahas potensi zakat sebagai sumber dana vital bagi pembangunan sosial dan ekonomi Indonesia.

Dr. Wa Ode Al Zarliani, S.P., MM selaku Rektor UM Buton, menyoroti kontribusi zakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, baik dari aspek ekonomi maupun sosial.

Prof. Dr. H. Nur Alim, M.Pd dari Dewan Syariah Lazismu Sultra, menawarkan gagasan inovasi sosial dalam pengelolaan zakat untuk menangani permasalahan sosial di masyarakat.

Dr. Muh. Alifuddin, M.Ag dari PWM Sultra, menjelaskan prinsip-prinsip syariah yang mengatur zakat, serta pentingnya penerapan syariah dalam pengelolaan dana zakat.

Seminar ini bertujuan memperkuat pemahaman dan kesadaran akan peran zakat dalam pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan. Diharapkan, kerjasama antara UM Buton dan Lazismu Sultra dapat menghasilkan strategi yang lebih efektif dalam pengelolaan zakat untuk kesejahteraan umat.

Selain presentasi dari para narasumber, acara ini juga mencakup serangkaian kegiatan, termasuk penyerahan sertifikat Lazismu dari Sultra ke Lazismu kota Baubau oleh Prof. Dr. H. Nuralim, M. Pd kepada Dr H Azaludin, M. Ak. Lazismu Provinsi juga turut serta menyumbangkan bantuan kepada korban kebakaran, dengan penyerahan donasi dari sekretaris Lazismu PP Muhammadiyah, Gunawan, S.T., M. T, kepada penerima, Bapak La Sudi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul berkunjung ke ....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka program kerja IPM SMP Muhammadiyah 11 pada bidang Kajian ....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Nonformal (Dikdasmen-PN....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah- Musyawarah Ranting (Musyran) yang digelar oleh ranting Pondok Petir, Bojo....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

10 PTMA Dengan Impact Rank Website Tertinggi se-Indonesia Impact Website Secara Umum Pengertian Im....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah