Tak Lekang oleh Zaman dan Waktu

Publish

30 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
446
SM Logistic

SM Logistic

Tak Lekang oleh Zaman dan Waktu

Oleh: Deni al Asyari

Kemarin siang, saya dikirimi oleh Buya Syafii tulisan Ignasius Jonan, mantan menteri ESDM tentang perubahan dunia yang akan datang, dengan judul " Selamat Datang Masa Depan". 

Tulisan tersebut mengurai seputar prediksi perubahan perangkat kerja, dan pilihan aktivitas dunia usaha manusia melalui revolusi teknologi yang sekarang sedang berkembang.

Dari sekian banyak prediksi yang disebutkan, salahsatunya adalah terkait perubahan energi listrik sebagai pengganti bahan bakar. Sehingga dengan adanya mobil listrik, ke depan sudah tidak ada lagi bengkel mobil maupun SPBU. 

Bahkan rumah-rumah dibangun dengan konsep rumah yang dapat menyimpan energi listrik. Sehingga diprediksi tidak perlukan lagi industri batubara, minyak dan gas. 

Prediksi ini bahkan kini berangsur menjadi kenyataan. Lihat saja sekarang di Jakarta, PLN berencana akan membuat 1143 SPLU ( Stasiun Pengisian Listrik Umum ), sebagai persiapan peluncuran mobil listrik secara massal di Indonesia.

Banyak yang diuraikan dalam tulisan tersebut. Dan tentu tulisan ini, tidak bermaksud menjabarkan semua isinya. Hanya saja tulisan tersebut dapat menjadi refleksi, bahwa dunia usaha harus bersiap menghadapi perubahan dalam waktu yang lebih cepat dari yang diperkirakan. 

Apakah dunia usaha saat ini mulai menyesuaikan dengan perkembangan dunia masa depan atau memilih jenis usaha yang memang tak lekang oleh zaman dan waktu. Keduanya tentu bisa menjadi pilihan. 

Tapi pertanyaannya, apakah memang ada bisnis yang tak lekang oleh zaman dan waktu ? Tentu saja tetap ada, walau tidak banyak dan pola kerjanya pun harus menyesuaikan dengan perubahan teknologi yang berkembang. 

Salahsatunya adalah usaha dalam bidang ekspedisi. Bidang ini adalah jenis bisnis yang tahan banting dalam berbagai lintas zaman. Hanya saja, secara perangkat kerja, harus mampu beradaptasi dengan teknologi modern. Lihat saja sejarah Pos yang sudah berdiri sejak tahun 1746 hingga masih eksis saat sekarang. 

Dan jenis bisnis ini, sekarang menjadi salahsatu pilihan bisnis di Suara Muhammadiyah, dengan konsep jejaring antar warga persyarikatan di seluruh tanah air. Walau masih tahap awal, namun pola jaringan yang ekspansif diharapkan SM logistic mampu menjadi alternatif bisnis di tengah perkembangan era disrupsi ini. 

Dan bagi yang berminat untuk bergabung dan melangkah bersama SM Logistic, dapat mendaftar dan menghubungi bagian admin : 0823-1314-1558

[Tulisan Lama Tayang Ulang]


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Humaniora

Milad ke-66 Oleh : ESu Setahun usiakudi atas usiamuaku lahir lima enamengkau didirikan lima tujuht....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Humaniora

Cerpen Risen Dhawuh Abdullah Dan untuk yang kesekian kalinya, ayah mengulanginya lagi. Ayah sama se....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Humaniora

Dokumentasi gambar semua (minus Mbak Meilina) ketua Aisyiyah NSW sejak periode 2017. Dijepret pada M....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Humaniora

Cerpen Diko Ahmad Riza Primadi Titik dan detik paling aman dunia adalah ketika matahari terbenam. S....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Humaniora

Cerpen Latief S. Nugraha Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa cerita ini tidak ada hubungannya....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah