Uhamka Latih Guru Ecoprint dan Literasi

Publish

20 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
202
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka) terus berkomitmen untuk memperkuat profesionalitas guru melalui program-program strategis. Pada tanggal 15 dan 17 Januari 2024, Uhamka menggelar Pelatihan Ecoprint dan Literasi di SDN Tanjung Barat 03 Jakarta.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para guru, narasumber utama pada Pelatihan Ecoprint adalah Dr. Irdalisa, S.Si., M.Pd, Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan S2 Pendidikan Dasar Uhamka. Dr. Irdalisa memberikan pengetahuan tentang teknik ecoprint kepada guru-guru, menyatakan bahwa teknik ini dapat menjadi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Tanjung Barat 03 Jakarta. "Ecoprint dapat menjadi referensi pelaksanaan P5 Kurikulum Merdeka," ujarnya.

Selain itu, Dr. Gufron Amirullah, S.Pd., M.Pd, Ketua LPPM Uhamka, menjadi narasumber dalam pelatihan literasi. Beliau memberikan pelatihan praktis kepada guru dalam pembuatan bigbook dan read aloud. "Membaca bagi siswa adalah eskapisme. Maka rancanglah kegiatan yang membuat siswa mencintai buku," ungkap Dr. Gufron Amirullah.

Kepala SDN Tanjung Barat 03 Jakarta, Juana Rahmawati, S.Pd, menyampaikan apresiasi atas kontribusi Uhamka dalam menciptakan atmosfer belajar yang menyenangkan bagi para guru. "Saya berharap kegiatan peningkatan kapasitas dari Uhamka dapat dilaksanakan secara berkesinambungan," ujarnya.

Peserta pelatihan juga menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap teknik ecoprint. Salah satu peserta, Ibu Nurtianingsih, S.Pd, menyatakan bahwa pelatihan ecoprint sangat bermanfaat dan membantu guru dalam mengembangkan ide-ide untuk melaksanakan kegiatan P5 sesuai anjuran pemerintah. "Kami memperoleh wawasan dan keterampilan baru yang akan diimplementasikan di kelas," tambahnya sebagai penutup.

Program pelatihan ini menjadi langkah konkret Uhamka dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar melalui penguatan profesionalitas guru dan pengenalan metode-metode inovatif. (Hendra Apriyadi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Kelompok kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakart....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Berita

Ajarkan Pembuatan Obat Tradisional dari Daun Jambu Air untuk Mengobati Kolesterol KUDUS, Suara Muha....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta telah selesai membangun seb....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Milad Muhammadiyah yang ke-111, Universitas Ahmad Dahlan mengundang....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

BLORA, Suara Muhammadiyah - Momentum keberkahan bulan Ramadhan menjadi saat yang sangat berharga bag....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah