Umri Semangat Berfikir untuk Masa Depan Indonesia

Publish

4 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
152
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar kuliah umum dengan tema 'Menatap Indonesia Kedepan Potensi dan Tantangan bersama narasumber Dr (HC) Drs H A Muhaimin Iskandar M Si, pada Sabtu (2/12/2023) di Kampus Utama Umri.

Wakil Rektor III Umri Dr Jufrizal Syahri M Si,  dalam sambutannya menyebut saat ini Umri sedang mengajukan Program Studi (Prodi) yang ke-28 yakni Dokter dan Profesi Dokter. "Saat ini sudah masuk pada revisi kedua dan dalam kesempatan ini juga kami mohon Gus Imin untuk bisa negosiasi dari Gus Imin kepada kementerian agar proses perolehan Fakultas Kedokteran Umri dapat terlaksana," sebut Juprizal Syahri. 

Selain itu Jufrizal berharap Muhaimin Iskandar bersedia ikut membantu membangun Umri, sebab diketahui saat ini Umri tengah membangun dua gedung Tajdid Center yang didanai oleh dana Wakaf dan gedung Rusunawa yang dipergunakan untuk mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa luar negeri. 

"Wakaf dari masyarakat itu kita himpun untuk mendirikan gedung yang bernama Tajdid Center dan alhamdulillah dari 13 miliar yang kita butuhkan, sudah sekitar 7 miliar sudah kita dapatkan dengan berbasis wakaf, sekarang sedang membangun lantai 2. Kita mengajak Gus Muhaimin beserta rombongan untuk dapat ikut berwakaf di gedung Tajdid Center," ujarnya. 

Disamping itu ia juga menyampaikan dihadapan ratusan mahasiswa yang hadir bahwa setidaknya di tahun 2025 mendatang, 60 persen generasi muda akan menikmati bonus demografi. "Tentunya bonus demografi ini harus ditata dengan baik, nanti Gus Imin akan memberikan arahan bagaiman kita sebagai kawula muda dan mahasiswa mempersiapkan diri untuk mendapat bonus demografi betul-betul kita nikmati sehingga menjadi potensi untuk kemajuan bangsa," pungkasnya. 

Di sisi lain, Muhaimin Iskandar yang kerap kali disapa Cak Imin, merasa terharu dan bangga sebab mahasiswa Umri semangat untuk bersama-sama berfikir masa depan Indonesia. "Bukan hanya masa depan diri sendiri bukan hanya masa depan Riau, tapi kebersamaan kita adalah bersama-sama memikirkan masa depan Indonesia dimasa yang akan datang".

Pada kuliah umum ini ia juga memberikan tips bagi mahasiswa untuk sukses, salah satunya yakni dengan banyak berfikir untuk orang banyak dan juga mengingatkan ada beberapa solusi untuk berbagai tantangan bagi generasi muda. 

"Tantangan kita memang tidak mudah maka dari itu kita harus berfikir serius, bekerja sungguh-sungguh dan menata dengan jujur serta niat yang benar. Indonesia ini kaya raya ditopang dengan jumlah penduduk yang besar, luas wilayah besar, sumber daya alam nya kaya raya, pertanyaan nya mengapa kekayaan itu tidak terasa, jawabannya sederhana kita butuh perubahan, mengelola dan menjadi lebih maju lebih baik lagi," jelas Cak Imin. 

Ia juga ingin generasi muda mulai melakukan perubahan dengan kesungguhan serta melibatkan setiap pihak. Menurutnya ada tiga syarat untuk melakukan perubahan, yakni melalui kepemimpinan yang sungguh-sungguh, sistem yang dibenahi, dan perubahan cara kerja serta tata kelola. 

"Hari ini jumlah angkatan muda total sudah di atas 50 persen, maka potensi besar anak muda ini harus dijadikan ujung tombak dari perubahan dalam seluruh pengelolaan, kita ingin kedepan sebanyak mungkin kaum muda menjadi pengusaha baru yang tangguh, dan saya yakin dari Umri akan lahir pengusaha-pengusaha nasional yang tangguh," pungkasnya. 

Dalam kuliah ini turut hadir Wakil Rektor II Umri, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, Wakil Ketua MPR RI, Ketua Komisi IV RI serta tamu undangan lainnya. (Walida)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 1 Ketelan terima tim Verifikator Penilaian Kabupate....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (LAZISMU) Ponpes Darul Ihsan Mu....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun ....

Suara Muhammadiyah

11 April 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (U....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

LPSI UAD Adakan Pengajian Bersama Ahmad Syauqi Soeratno YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pergantian....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah