Raden Isnanta Membuka Kuliah Kewirausahaan Pemuda di UMJ

Publish

14 September 2023
umj

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
250
Kuliah Kewirausahaan UMJ

Kuliah Kewirausahaan UMJ

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Raden Isnanta membuka Kuliah Kewirausahaan Pemuda (WiraMuda) pada Rabu pagi (13/9) di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tema yang diangkat ialah Menuju Mahasiswa Mandiri dengan Menjadi Wira Muda Sukses Melalui Strategy Business Model Canvas. Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu kampus mitra Kemenpora dari 36 universitas lainnya. Kuliah Kewirausahaan Pemuda bertujuan untuk meningkatkan minat berwirausaha di kalangan pemuda. Perguruan tinggi dalam hal ini dapat menjadi simpul yang efektif dalam membangun ekosistem kewirausahaan pemuda.

"Pemerintah mengajak kaum muda untuk menguatkan motivasi untuk berwirausaha. Apapun bidangnya yang penting berpotensi untuk menang walaupun kita harus selalu siap dengan kegagalan. Adik-adik harus bermimpi untuk bisa menjadi berguna bagi bangsa, misalnya membantu masyarakat sekitar menciptakan lapangan kerja, membantu orang tua dan keluarga, dan lainnya”, ujar Isnanta.

Deputi Raden Isnanta menyampaikan bahwa wirausaha bisa merambah ke semua sektor dan tidak terbatas tergantung minat dan bakat yang dimiliki. “Olahraga misalnya sudah menjadi bisnis yang menggiurkan. Misalnya Raffi Ahmad, Vindes, dan lain-lain. Ada industri yang berjalan pesat di sana. Dahulu bisnis perdagangan menjadi primidona tetapi sekarang bisnis berbasis media mulai banyak diminati”, lanjut Isnanta.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Ma’mun Murod mendukung dan menyambut baik kerja sama yang tengah berjalan dengan Kemenpora. “Sekarang selesai kuliah dituntut untuk bisa cepat mengabdi pada bangsa dan negara. Karenanya perlu menambah skill yang dimiliki, misalnya dengan berbisnis. Agama Islam pun mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk mencari ilmu”, ucap Ma’mun. Ma’mun berharap agar kolaborasi antara Kemenpora dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat terus berlanjut dan berharap ada kerja sama lainnya ke depan.

Dalam laporannya, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Hendro Wicaksono menyampaikan Kemenpora berupaya mendorong pertumbuhan jumlah wirausaha muda di tanah air. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengubah mindset pemuda khususnya mahasiswa untuk berminat berwirausaha. “Kemenpora juga sedang menyelenggarakan beberapa program lainnya seperti Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Tingkat Nasional yang saat ini sedang dalam tahap proses penilaian. Selain itu program lainnya ialah Pitching dengan Calon Investor bekerja sama dengan Kementerian Investasi BKPM untuk membantu wirausaha muda untuk scale up”, lanjut Hendro.

 Beberapa narasumber yang hadir untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada para peserta di Universitas Muhammadiyah Jakarta antara lain Diana Hasan Direktur BUMU UMJ dan dosen UMJ; Wildansyah Manajer Pengetahuan Indonesia, Consortium for Cooperatives Innovation (ICCI); dan Hendriansyah CEO SMEs Pack; serta moderator Dessy Iriani Putri Ketua UPT Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan UMJ. (RN)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Prestasi membanggakan diraih oleh dua Perguruan Tinggi Muhammad....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpin Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta (DPD IMM DKI....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perguruan Muhammadiyah Limau Bendi, yang terdiri dari SD Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mem....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali menggelar upacara pelantikan....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah