Raih Akreditasi Unggul, PP Muhammadiyah Sampaikan Apresiasi untuk Unismuh Makassar

Publish

12 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
142
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir. MSi menyampaikan ucapan selamat kepada segenap sivitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar atas pencapaian akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
 
Hal itu disampaikan Haedar melalui video testimoni yang ditayangkan dalam acara Silaturahmi Sivitas Akademika Unismuh, yang dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Senin, 12 Februari 2024. Haedar Nashir mengungkapkan bahwa akreditasi unggul tersebut merupakan hasil dari perjuangan panjang Unismuh sejak berdiri pada tahun 1963. 

"Akreditasi unggul ini merupakan hasil perjuangan yang tidak ringan, tapi dari tahap demi tahap sejak awal berdirinya sampai sekarang," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa perkembangan Unismuh Makassar tidak lepas dari kinerja rektor dari periode ke periode. "Saya tahu bagaimana perkembangan Unismuh dari periode ke periode, mulai dari Kiai Djamaluddin Akib, kemudian Prof Irwan Akib yang sekarang jadi Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pendidikan, dan sekarang dipimpin Prof Ambo Asse," pungkas Nakhoda Muhammadiyah itu.

Haedar juga menyebut, pencapaian Unismuh  bukan hanya kebanggaan warga Muhammadiyah dan masyarakat Sulawesi Selatan, melainkan kebanggaan secara nasional. Haedar menjelaskan bahwa bersamaan dengan akreditasi unggul ini tersimpan juga amanat untuk menjadikan kampus Unismuh Makassar tetap unggul ke depan. "Biasanya mempertahankan itu lebih sulit dari pada meraihnya," tuturnya.

Pada saat bersamaan, Guru Besar Sosiolog UMY itu mengungkapkan bahwa Unismuh Makassar merupakan pilar penting Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Kawasan Timur Indonesia. "Unismuh harus berdiri di garda terdepan, jadi selain unggul dalam aspek Catur Dharma, juga harus berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mengangkat marwah dan martabat persyarikatan sekaligus juga menjadi pilar strategis membangun peradaban bangsa dan negara," jelasnya.

Ia menyampaikan harapannya, agar Unismuh Makassar tidak hanya memiliki keunggulan dari segi akademik tetapi juga menampilkan keunggulan sebagai perguruan tinggi yang melahirkan generasi ulul albab, generasi islam berkemajuan.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi pendidikan, kebudayaan dan olahraga Prof Dr Irwan Akib, MPd menyebut pencapaian akreditasi Unggul Unismuh sebenarnya merupakan bagian dari cita-cita sejarah yang telah dipikirkan sejak tahun 1920. Irwan menyebut, Ketua Bagian Pendidikan dan Pengajaran saat itu, Haji Hisyam, dalam suatu rapat telah mengungkapkan visinya untuk mendirikan universitas yang megah, unggul dan berkemajuan.

Meskipun Muhammadiyah, kata Irwan, telah memiliki 172 PTMA, namun saat ini baru 9 yang telah terakreditasi Unggul. "Alhamdulillah, Unismuh kampus pertama di Kawasan Timur Indonesia, dan kampus kedua di luar Jawa, setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara," ujarnya.

Ia mengingatkan, bahwa capaian ini bukan sekadar sertifikat akreditasi, melainkan keunggulan dalam semua aspek, yang tercermin dalam perilaku keseharian seluruh sivitas  akademika. "Misalnya, pada aspek pelayanan, jangan sampai ada karyawan masuk jam 9 pulang jam 10, sehingga pelayanan kepada mahasiswa tidak berjalan lancar," ungkap Irwan.

Dalam kegiatan ini, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagarinh Pagalung menyampaikan sambutan, sementara Rektor Unismuh menyampaikan beberapa tonggak pencapaian Unismuh sejak berdiri hingga saat ini. Termasuk visi Unismuh menjadi Edupreneur University pada tahun 2044. Acara yang dikemas semi formal ini dihadiri ratusan sivitas akademika, dari kalangan dosen, karyawan serta mahasiswa. Panitia juga menyiapkan ratusan door prize, serta aneka hidangan ringan hingga berat. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANG KARAYA, Suara Muhammadiyah – Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Palang Karaya menyelenggaraka....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – SMP UMP, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) dan SMP Mu....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Agung Danarto, MAg men....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 19 perlombaan ajang Olympicad Ahmad Dahlan (Olympicad) 7 ti....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Event Pemilu 2024 yang dimanfaatkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah