Ratusan Mahasiswa UMY Ikuti Unboxing Ekspedisi Indonesia Baru

Publish

13 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
279
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lebih dari lima ratus mahasiswa  dan masyarakat umum menghadiri gelaran Unboxing Ekspedisi Indonesia Baru yang dihelat di Amphiteater Gedung Ibrahim lt. 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Rabu (11/10). Mereka antusias mengikuti paparan dari Dandhy Laksono, Farid Gaban, dan Yusuf Priambodo dari tim Ekspedisi Indonesia Baru. Tema yang diangkat adalah Kewargaan Ekologis dan Mimpi Generasi Muda Indonesia.

Ketiga pembicara secara bergantian menarasikan pengalamannya saat melakukan ekspedisi keliling Indonesia selama 425 hari. Ekspedisi Indonesia Baru merupakan sebuah perjalan keliling berbagai pelosok Indonesia yang melibatkan personel lintas generasi. Farid Gaban dari generasi Boomer, Dandhy Laksono generasi X, kemudian Yusuf Priambodo generasi Y, dan Benaya Harobu generasi Z. Farid Gaban dan Dandhy Laksono dikenal sebagai jurnalis yang memiliki integritas dan reputasi dalam liputan dokumenter.

Farid Gaban, di usia yang lebih dari 60 tahun,  masih mampu melakukan pendakian Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, menyelam di Ternate juga Teluk Saleh di Pulau Sumbawa.

“Gelaran Unboxing Ekspedisi Indonesia Baru ini merupakan komitmen dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY untuk memberikan ruang dan gagasan kepada mahasiswa dan masyarakat untuk membangun jejaring,” ujar Erwan Sudiwijaya, sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMY.

Karya film dokumenter dari Ekspedisi Indonesia Baru ditampilkan di kanal YouTube Indonesia Baru. Beberapa judulnya seperti Angin Timur, Tanah Tabi, Base Genep-Warisan Bung Karno di Meja Makan, serta The Soulmates. Juga ada lima film dengan durasi masing-masing satu jam dengan payung tajuk Dragon for Sale. 

“Gagasan mengadakan unboxing ini adalah membangun kesadaran kewargaan di kalangan mahasiswa,” ujar David Efendi, pengampu mata kuliah Kewarganegaraan. David menambahkan bahwa apa yang dilakukan dan dihasilkan oleh Ekspedisi Indonesia Baru bisa menjadi teladan bagi mahasiswa, dengan aktif memproduksi konten yang peduli dengan isu ekologis. (Rpd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Lembaga Budaya, Seni, dan Olahraga Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumat....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DIY menggelar Taawun Sosial Ramadha....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Upacara Wisuda UM....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Jembrana m....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah