SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sambut Kunjungan Kota Sehat

Publish

13 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
231
SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sambut Kunjungan Kota Sehat

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sambut Kunjungan Kota Sehat

SOLO, Suara Muhammadiyah - Manfaat apel pagi khususnya buat sekolah sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan sangatlah besar. Kesempatan yang walaupun singkat ini dapat dipakai untuk menyampaikan informasi-informasi penting berkaitan dengan sekolah. 

Guru dan tenaga kependidikan di setiap sekolah seharusnya terus-menerus tahu dan mengerti perihal sekolahnya. Dan momen apel adalah salah satu kesempatan yang bagus untuk itu, Selasa (12/9/2023).

Dalam amanat apel, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko menyampaikan dengan menyisihkan 5-15 menit setiap pagi sebelum masuk.

“Setiap hari sekolah sehat gelar apel sejak pukul 06.45 WIB sampai 07.00 WIB,” katanya. 

Jatmiko meyampaikan Kurikulum merdeka menekankan tentang pendidikan karakter salah satunya adalah sikap disiplin. Guru yang baik adalah guru yang memiliki disiplin dalam bertugas. Jika gurunya disiplin, dan selalu memberikan contoh keteladanan yang baik, maka upaya penguatan pendidikan karakter (PPK) bisa terwujud. 

“Sebaliknya jika gurunya kurang disiplin maka sulit melahirkan peserta didik yang berkarakter pelajar Pancasila yang sehat dan bagas waras,” jelasnya.

Jatmiko menjelaskan kita harus bersyukur. Yang pertama karena kita harus refleksi sekolah mendapatkan juara 1 beserta uang pembinaan Rp 15 juta diserahkan Gubernur H Ganjar Pranowo SH MIP yang diterima langsung oleh kepala sekolah, Hj Sri Sayekti MPd bersamaan upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019, pada 25 November 2019 di SMA Negeri 1 Semarang.

Kedua, meraih karya video terbaik 1 pekan Usaha Kesehatan Sekolah bertajuk ‘Optimalisasi UKS, Lindungi Warga Sekolah dari Covid-19’ dalam Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila di Hotel Mercure Convention Center Ancol Jl Pantai Indah, RW 10 Ancol, Jakarta By City, 14430, Bertepatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2021.

Ketiga, mendapatkan penghargaan kategori kantin terbaik kedua dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan pengendalian Covid-19 dari Kementerian Kesehatan bersamaan Hari Kesehatan Nasional, Rabu (17/11/2021)

Keempat, Kantinnya juga  mendapatkan penghargaan terbaik pertama nasional untuk kategori sentra pangan jajanan/kantin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rabu (23/11/2022). Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022.

“Maka, Senin tanggal 18 September 2023 sekolah kita menjadi lokus kunjungan lapangan penilaian Kabupaten atau Kota Sehat tahun 2023, semua warga sekolah wajib ta’awun,” paparnya. (Jatmiko/Yofa)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung Muchammad Zaldy Ardia....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 86 Unit V A.2 be....

Suara Muhammadiyah

24 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Puji dan Syukur dihari yang ke-lima Ramadhan, Islamic Center ....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Anggota Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan P....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Sejak bulan November 2019, kebun bibit dan buah Muhammadiyah Turi yang ....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah