Pengukuhan PP IPM Periode 2023-2025, Haedar Nashir Taruh Harapan Besar

Publish

27 September 2023
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
357
Pengukuhan PP IPM Periode 2023-2025, Haedar Nashir Taruh Harapan Besar

Pengukuhan PP IPM Periode 2023-2025, Haedar Nashir Taruh Harapan Besar

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengukuhan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) periode 2023-2025 berlangsung meriah di Auditorium lantai 1 PP Muhammadiyah Jakarta, Selasa (26/9). Acara ini mengusung tema "Era Baru IPM: Generasi Emas Berkemajuan Pelajar Muhammadiyah."

Diambilnya tema ini mengandung harapan besar bagi Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi. Ia berharap agar tema ini tidak hanya sebatas kata-kata, akan tetapi bisa merepresentasikan visi keberlanjutan bagi PP IPM di masa depan.

“Untuk itu manfaatkan ruang yang terbuka ini tentu untuk mengaktualisasikan sebagaimana peran Muhammadiyah menghendaki pelajar Muhammadiyah, yang mana nantinya hadir sebagai sosok Ulul Albab yang mampu menyinari negeri ini dan mencerahkan semesta serta membawa misi islam berkemajuan,” ujarnya.

Haedar mengingatkan kepada seluruh kader PP IPM agar bisa mengaktualisasikan perannya sebagai pelajar Muhammadiyah. Menurutnya mereka diberi pemahaman bahwa sebagai pelajar dari Muhammadiyah, mereka memiliki tanggung jawab besar dalam mencerahkan dunia, terutama dalam konteks Islam yang berkemajuan.

Haedar juga mengajak kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk tetap menjadi kekuatan dalam dakwah dan membawa misi pembaruan dan humanisasi. Hal tersebut sebagaimana terkandung di dalam Surah Ali-Imran ayat 104. Menurutnya ini menjadi bagian dari upaya menjaga peradaban yang moderat.

“Mengawal perubahan di era modern disini, saya sampaikan sangat relevan dengan perkembangan zaman. Meskipun teknologi telah berkembang pesat, kita harus ingat dan paham bahwa kendali atas teknologi dan perubahan harus tetap berada di tangan manusia. Sehingga Muhammadiyah menekankan pentingnya menjaga bingkai keimanan dan semangat dakwah dalam menghadapi perubahan zaman”, tuturnya.

Di samping itu, dalam menyikapi pada tahun politik, Haedar menyampaikan harus tetap dalam koridor Persyarikatan Muhammadiyah. Yakni senantiasa menjaga ketertiban dan persatuan di tubuh internal Muhammadiyah.

“Saya meminta kepada seluruh warga Muhammadiyah yang pertama saya minta untuk selalu mengikuti aturan. Kedua tidak mengatasnamakan Muhammadiyah baik dalam dukung-mendukung ataupun tolak meolak pada pemilu. Ketiga selalu menjaga persatuan internal dan eksternal Persyarikatan,” ucapnya.

Dalam pesan terakhirnya, Guru Besar Ilmu Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini mengingatkan untuk selalu bertawakal kepada Allah. Kepedulian, kebaikan, dan nilai-nilai luhur harus tetap dijaga dalam dinamika bangsa yang penuh tantangan.

Pengukuhan Pimpinan Pusat IPM ini bukan hanya acara seremonial, tetapi juga momen penting yang memotivasi generasi muda Muhammadiyah. Yakni untuk bergerak bersama dan berkontribusi dalam misi membentuk masa depan yang lebih baik dan mencerahkan.

“Mari bersama-sama menjaga semangat dakwah dan memperjuangkan perubahan yang positif. Mari bergandengan tangan dan menjadi bagian dari perubahan Generasi Emas Berkemajuan,” ajaknya.

Sebagai informasi, pada periode 2023-2025 ini, setidaknya ada 70 pimpinan dan anggota baru yang mengisi PP IPM. Ketua Umum dipimpin oleh Riandy Prawita, Sekretaris Jenderal Jowanda Harahap, dan Bendahara Umum Alwan Akbar Jaya. (firm)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PINRANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pinrang menggelar pengukuhan dan pe....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu angkatan ke 14 merayakan ....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Puteri Aisyiyah Grogo....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menguatkan kembali peran dan fungsi instruktur, DPD....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

PAREPARE, Suara Muhammadiyah - Jamaluddin Ahmad resmi menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Parep....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah